BeritaBisnisEkonomiPerkebunanPertanianRegional

Koperasi di Bali Ekspor 1 Ton Kakao ke Belgia

BIMATA.ID, Bali- Koperasi Kerta Semaya Samaniya mengekspor kakao lokal seberat 1 ton ke Belgia lewat Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Kamis (26/08/2021)

Kali ini Koperasi Kerta Semaya Samania (KKS) melakukan ekspor perdananya melalui jalur udara menggunakan pesawat Garuda Indonesia. Koperasi tani dan produsen kakao lokal ini dikenal merupakan eksportir kakao jalur laut. Koperasi KSS sendiri merupakan kelompok tani KITE IKM di bawah binaan Yayasan Kalimajari dalam proses hulu hingga hilir.

“Hari ini, pertama kalinya kami melakukan ekspor menggunakan moda udara komoditas kakao lokal produksi Koperasi KSS hasil binaan kami dari Yayasan Kalimajari,” ujar Direktur Yayasan Kalimajari Agung Widi.

Selaku yayasan yang mendampingi Koperasi KSS, Agung mengucapkan terima kasih kepada Bea Cukai Ngurah Rai yang telah banyak membantu mengajarkan langkah-langkah yang harus dilakukan sehingga kami bisa mewujudkan harapan untuk mengirimkan produk kami menggunakan jalur udara.

“Bagi kami, waktu di perjalanan begitu krusial guna menjamin kualitas kakao yang kami kirim tidak menurun selama dalam perjalanan sampai nantinya dapat diterima oleh pembeli di luar negeri,”ungkapnya.

Ekspor kakao ini merupakan kabar baik bagi perekonomian lokal di tengah keterpurukan pariwisata Bali di masa pandemi ini. Devisa ekspor yang dihasilkan diharapkan mampu mendukung pergerakan roda ekonomi masyarakat setempat.

 

(Bagus)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close