Cabor

Kesedihan Valentino Rossi, Raih Hasil Buruk di MotoGP Inggris

BIMATA.ID, Jakarta- Pebalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi mengaku sedih gagal mendapat hasil baik di MotoGP Inggris terakhirnya sebelum pensiun pasca MotoGP 2021 usai.

Dalam balapan di Sirkuit Silverstone, Minggu (29/8/2021), Valentino Rossi finis ke-18 dari 19 rider yang berhasil menyelesaikan perlombaan.

Padahal, Valentino Rossi memulai balapan di urutan ke-8 pasca tampil cukup impresif di sesi latihan bebas (FP) hingga kualifikasi (Q2).

The Doctor julukan Rossi menuding masalah ban belakang jadi faktor utama dirinya gagal tampil cepat di MotoGP Inggris 2021. Suhu trek yang lebih dingin dari sesi kualifikasi turut andil di dalamnya.

Rossi mengatakan dia mengalami penurunan kualitas ban secara dramatis saat balapan berlangsung. Ban belakang motornya bahkan digambarkan seperti terbakar.

“Saya kurang lebih berada di tempat yang saya harapkan, di mana saya bisa bertarung dengan kecepatan saya, sekitar posisi ketujuh, kedelapan, kesembilan saya pikir,” ujar Rossi terkait posisi start.

“Tapi setelah lima, enam lap, ban belakang turun drastis. Bagian kanan saya tidak memiliki grip lagi. Bannya seperti terbakar, dan karet (bannya) kehilangan banyak performa setelahnya. Saya mulai kehilangan satu, dua, tiga detik dalam satu putaran. Saya mencoba sampai akhir, tetapi saya sangat, sangat lambat.”

“Sangat memalukan. Saya sangat sedih karena saya ingin mencoba membuat hasil yang baik di sini karena saya menyukai treknya dan (sirkuitnya) memiliki atmosfer yang bagus dengan banyak penggemar di sekitar sirkuit,” tambahnya.

Pada sesi kualifikasi, Rossi dapat menggunakan ban keras lantaran cuaca yang cukup terik. Namun saat balapan akhir pekan, rider 42 tahun itu terpaksa menggunakan ban medium karena suhu lintasan yang lebih dingin.

“Saya tahu bahwa dengan (ban belakang) medium itu sedikit lebih sulit bagi kami karena kemarin saya lebih cepat dengan (ban belakang) hard, tetapi Anda tidak dapat memilih,” jelasnya.

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close