NasionalHeadline

Keren! Potensi Ikan Hias Bogor Jadi Primadona Mancanegara

BIMATA.ID, BOGOR- Kabupaten Bogor, Jawa Barat. merupakan salah satu destinasi pariwisata yang terkenal dengan panorama dan suasana yang masih asri, banyak wisatawan berkunjung ke Bogor hanya untuk menikmati panorama pegunungan dan udara yang sejuk.

Disisi lain, Kabupaten Bogor bukan hanya terkenal dengan destinasi wisata nya saja. Melainkan potensi penghasil ikan hias yang menjadi primadona mancanegara.

Produk ikan hias tidak hanya diminati oleh pasar domestik tapi juga luar negeri. Berdasarkan catatan KKP, ekspor ikan hias Indonesia senilai USD33 juta pada 2019, meningkat signifikan dari tahun 2012 sebesar USD21 juta. Nilai ekspor ikan hias Indonesia tahun 2019 ini merupakan 10,5% dari pasar ikan hias dunia.

Hal ini membuat Indonesia tak pernah absen menjadi 5 besar negara pengekspor ikan hias sejak 2010 dan menjadi yang terbesar di dunia pada tahun 2018. Komoditas ikan hias ekspor Indonesia antara lain adalah napoleon wrasse, arwana, cupang hias, dan maskoki. Sedangkan negara tujuan utama ekspor ikan hias Indonesia adalah China, Amerika, Rusia, Kanada, dan Singapura.

Menteri KKP Trenggono mengatakan, optimalisasi potensi produksi dan ekspor ikan hias Indonesia ke pasar dunia dalam pengembangannya harus tetap memperhatikan perlindungan dan pelestarian. Ketelusuran, sertifikasi, registrasi dan prinsip kehati-hatian juga harus menjadi perhatian.

“Antara ekologi dan ekonomi harus sama-sama dijaga,” ujar Menteri Trenggono saat meninjau Pusat Ikan Koi dan Maskoki Nusantara.

Fahrurozi merupakan pelaku usaha ikan hias menyambut baik hadirnya Pusat Ikan Koi dan Maskoki Nusantara di Raiser Ikan Hias Cibinong. Sebab keberadaannya akan mendorong majunya industri ikan hias dalam negeri.

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close