BeritaKesehatanNasionalRegional

Kemenkes Minta Pemda Rajin Update Data Perkembangan Covid-19

BIMATA.ID, Jakarta- Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi meminta kepada tiap pemerintah daerah (Pemda) untuk selalu memperbarui dan melaporkan kasus COVID-19 yang terjadi di daerahnya masing-masing. Hal tersebut dikarenakan data perkembangan COVID-19 akan terus bergerak jumlahnya. Sedangkan, masih ada data sejumlah pemerintah daerah yang belum update.

“Kasus-kasus yang baru dirilis ini akan kami rilis berdasarkan tanggal kejadian. Sehingga tidak akan mempengaruhi level situasi pandemi, dan tentunya kementerian kesehatan terus bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk terus melakukan update dan sinkronisasi data kasus aktif yang belum ter-update. Statusnya itu apakah sudah sembuh atau meninggal,” ujar dia.

Menurut data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), sekitar 19.000 kasus yang belum disampaikan oleh Pemda. Contohnya Kota Depok yang belum tercatat di sistem New All Record (NAR) milik pemerintah pusat pada pekan ini.

“Karena selama ini sistem pelaporan Kota Depok belum terhubung dengan All Record di Pemerintah Pusat,” kata Nadia.

Melihat kejadian ini, Nadia menegaskan kepada Pemda, untuk tetap melakukan update laporan dan menjalin komunikasi yang baik dengan Kemenkes.

 

(Bagus)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close