BeritaEkonomiPolitik

Jokowi Tinjau Pabrik Pengolahan Porang di PT Asia Prima Madiun

BIMATA.ID, Jakarta – Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi), meninjau pabrik pengolahan porang di PT Asia Prima, Kabupaten Madiun, Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini optimistis, pabrik akan membawa dampak positif bagi para petani.

“Menurut saya, dari pengolahan yang ada di PT Asia Prima ini memberikan nilai tambah yang baik, utamanya kepada petani,” kata Jokowi, dikutip dari akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (19/08/2021).

Jokowi menerangkan, pabrik mampu menghasilkan 15 hingga 20 ton per musim tanam. Pada musim pertama selama delapan bulan, diyakini tercapai 40 juta ton.

“Ini sebuah nilai yang sangat besar. Pasarnya juga masih terbuka lebar,” terangnya

Kepala Negara menilai, porang akan menjadi makanan sehat masa depan. Sebab, karakter porang adalah rendah kalori hingga rendah kadar gula.

“Ini juga bisa menjadi pengganti beras yang lebih sehat, karena kadar gulanya sangat rendah,” imbuh Jokowi.

Dengan begitu, Presiden pun memerintahkan Menteri Pertanian (Mentan) RI, Syahrul Yasin Limpo, untuk serius menggarap pengolahan porang. Jokowi juga berharap, ke depan Indonesia mampu eskpor komoditas porang.

“Kita harap tidak ekspor porang dalam bentuk mentahan, tapi kita lihat di sini tadi sudah setengah jadi dalam bentuk tepung dan Insyaallah tahun depan bisa barang jadi, yaitu beras porang,” ujarnya.

[MBN]
Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close