BeritaEnergiFakta DuniaHeadlineInfo SainsNasionalOpiniPeristiwaRegionalSains & Tek

Jakarta dan Kota Lain 10 Tahun ke Depan Diprediksi Tenggelam

BIMATA.ID, Jakarta – Masyarakat sempat dibuat heboh dengan pernyataan Joe Biden, Presiden Amerika Serikat (AS) yang menyinggung prediksi Jakarta akan tenggelam 10 tahun ke depan. Proyeksi Biden tersebut berdasarkan dampak perubahan iklim, berupa naiknya permukaan laut dan tanah di Jakarta terus mengalami penurunan atau land subsidence.

Pernyataan Biden tidak jauh berbeda dengan Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (National Aeronautics and Space Administration/NASA). NASA juga memperingatkan bahwa wilayah Jakarta beserta pulau reklamasi masuk dalam kota pesisir yang terancam tenggelam oleh banyak faktor.

NASA mengungkap meningkatnya permukaan air laut dan pemompaan air tanah secara luas akan menyebabkan wilayah kota akan cepat tenggelam. Menurut beberapa perkiraan, sebanyak 40 persen wilayah kota Jakarta sekarang berada di bawah permukaan laut.

Sebenarnya, tidak hanya kota Jakarta saja yang terancam tenggelam dalam waktu kurun 10 tahun lagi. Ketua Lembaga Riset Kebencanaan IA-ITB, Heri Andreas, melihat ada banyak potensi besar kota lain juga terancam tenggelam.

Heri mengungkap wilayah Kota Pekalongan, Semarang dan wilayah pesisir Demak memiliki potensi tenggelam. Menurut secara keseluruhan terdapat 112 kabupaten/kota yang mempunyai risiko yang sama.

“Dalam 10 tahun ke depan jika tidak ada upaya manajemen risiko yang baik, maka prediksi tenggelamnya wilayah-wilayah ini akan lebih pasti dibandingkan Jakarta,” jelas Heri yang juga Ketua Laboratorium Geodesi ITB dalam keterangannya, Sabtu (31/7).

 

YA

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close