BeritaHeadlinePeristiwaPolitik

HUT RI ke-76, Gerindra Ajak Masyarakat Kibarkan Bendera Merah Putih

BIMATA.ID, Jakarta – Pada tanggal 17 Agustus 2021, bangsa Indonesia akan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) yang ke-76.

Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk mengibarkan bendera merah putih, mulai tanggal 1 hingga 31 Agustus 2021.

“Serentak, Ayo Kita Kibarkan Bendera Merah Putih,” tulis akun Instagram @fraksipartaigerindra, dikutip pada Jumat (06/08/2021).

Untuk diketahui, setiap tahun, pada tanggal 17 Agustus, bangsa Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia. Pada tanggal ini, peristiwa penting pembacaan teks proklamasi kemerdekaan negara Indonesia berlangsung.

Teks proklamasi merupakan hasil dari buah pikiran tiga tokoh bersejarah di Indonesia, yaitu Soekarno, Mohammad Hatta, dan Ahmad Soebardjo.

Awalnya, pembacaan teks proklamasi kemerdekaan akan diadakan di Lapangan Ikada. Namun, dipindahkan untuk mencegah bentrok antara pejuang Indonesia dengan tentara Jepang.

Pembacaan teks proklamasi tersebut kemudian dilakukan Soekarno, yang didampingi Mohammad Hatta, pada hari Jumat, tanggal 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB, di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56.

 

HUT RI ke-76, Gerindra Ajak Masyarakat Kibarkan Bendera Merah Putih
Teks Proklamasi Kemerdekaan Negara Indonesia (Dok. Net)

 

Berikut teks proklamasi versi ketikan:

Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia. Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05. Atas Nama bangsa Indonesia. Soerkarno/Hatta.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close