BeritaPolitik

Golkar Nilai Pancasila Harus Jadi Perekat Tenun Kebangsaan

BIMATA.ID, Jakarta – Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golongan Karya (Golkar), Airlangga Hartarto mengatakan, ideologi Pancasila semestinya menjadi perekat atas kemajemukan bangsa Indonesia.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Republik Indonesia (RI) ini menilai, bangsa Indonesia mesti bersyukur bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) disatukan melalui Pancasila sebagai ideologi negara.

“Partai Golkar menilai bahwa Pancasila inilah yang seharusnya kita jadikan perekat tenun kebangsaan kita,” kata Airlangga, saat membacakan pidato politik dalam acara yang ditayangkan akun YouTube CSIS Indonesia, Selasa (10/08/2021).

Airlangga menyampaikan, sebagai warga bangsa yang majemuk, nilai-nilai dan wawasan kebangsaan merupakan syarat multak yang harus dijaga demi tetap tegak dan utuhnya NKRI.

Pria kelahiran Surabaya, 1 Oktober 1962 ini menerangkan, keberagaman suku, budaya, bahasa, etnis, golongan, dan agama di Indonesia pada satu sisi merupakan kekayaan yang dapat menjadi kekuatan dalam membangun bangsa.

Mantan Menteri Perindustrian RI ini menyebut, secara kuantitas, jumlah sumber daya manusia (SDM) di Indonesia memang cukup besar, tetapi kualitasnya perlu terus ditingkatkan. Pasalnya, nilai-nilai disiplin, budaya, etos kerja, kegigihan, dan jiwa nasionalisme harus menjadi karakter bangsa Indonesia.

“Hal di atas adalah merupakan prasyarat agar di tengah kita mencapai target visi 2045, Indonesia sebagai negara tetap harus maju di tengah kemajemukannya, serta tetap punya ciri dan karakter kebangsaan yang utuh,” tandas Airlangga.

Alumnus Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta ini mengemukakan, partainya optimistis Indonesia akan menjadi negara maju pada 2045 mendatang. Untuk itu, ia menekankan, komitmen terhadap demokrasi harus dirawat sebagai jalan untuk memastikan tata kelola politik dan pemerintahan yang baik.

“Sistem politik yang demokratis menjadikan berbagai keragaman dan kemajemukan yang dimiliki bangsa kita akan lebih terkelola dengan baik. Sehingga, dapat mengantarkan kita ke dalam visi bersama menuju Indonesia maju sejahtera pada tahun 2045,” ujar Airlangga.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close