Regional

Ekspor Pertanian Sulsel Nyaris Lampaui Hasil Tambang

BIMATA.ID, Makassar – Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman optimis ekspor hasil pertanian bisa lebih besar dari hasil pertambangan.

Sudirman mengatakan, catatan ekspor Sulsel beberapa tahun terakhir mengalami peningkatan yang signifikan.

“Alhamdulillah pertanian ini luar biasa peningkatan dari tahun ke tahun, Sulsel meningkat luar biasa sekali,” kata Sudirman dalam acara Ekspor Merdeka yang dilepas Presiden Jokowi, Sabtu (14/8/2021).

Acara ini juga turut dihadiri Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Kepada mantan Gubernur Sulsel itu, Sudirman menjelaskan, bawah catatan ekspor pertanian Sulsel sudah nyaris melampuhi angka ekspor pertambangan dari tahun 2020-2021.

“Kalau melihat catatan-catatan kami ekspor kita ini sudah hampir menghampiri ekspor di bidang pertambangan dari 2020 ke 2021,” sebutnya.

Angkanya untuk ekspor pertanian 11,45 persen dan pertambangan 14,4. Terpaut hanya ini 3 persen.

“Kami optimis komoditas pertanian ini sebentar lagi akan menyalip pertambangan dan bisa menjadi sektor terdepan di Sulsel,” ucapnya penuh optimis.

Sudirman mengatakan, ekspor ini menjadi memontum yang baik bagi petani dalam meningkatkan kesejahteraanya. Pangan menjadi keunggulan Sulsel.

Dalam jumlah produksi beras yang surplus, dimana penggilingan dan gudang penuh. Maka langkah selanjutnya adalah melakukan mobilisasi nasional beras Sulse ke provinsi lain. Demikian juga untuk ekspor.

“Ini tentu menjadi momentum terbaik kami untuk melakukan mobilisasi nasional sektor beras untuk mengosongkan gudang-gudang. Di bulan 8 panen raya bisa mengisi gudang-gudang dan tidak khawatir dengan produksi kami,” ujarnya.

“Ini sesuatu yang luar biasa sehingga ini adalah ril Pak Menteri di lapangan terjadi. Petani semua meminta dan berharap bagaimana pusat membantu mobilisasi nasional untuk beras dari Sulsel ke provinsi lain dan juga ketika memungkinkan untuk ekspor,” tambahnya.

Sementara itu, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyatakan bahwa Sulsel menjadi pintu bagi banyak sektor, termasuk pertanian.

“Banyak hal yang harus gatenya harus di Sulsel. Sulsel tidak boleh lagi mengandalkan tambang-tambang makan pagi Pak Gub. Pertanian makan untuk selamanya. Terima kasih Pak Gubernur,” sebut SYL.

(HW)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close