BeritaKesehatanNasional

dr Reisa: Herd Immunity Tercipta Jika 200 Juta Orang Vaksin Dosis Lengkap

BIMATA.ID, Jakarta – Sejumlah pihak mulai mencari perlindungan ekstra dengan ingin mendapatkan suntikan vaksin corona dosis ketiga (booster) yang sebenarnya hanya diperuntukan bagi tenaga kesehatan.

Menyikapi kasus di atas, Juru bicara pemerintah untuk COVID-19 dr Reisa Broto Asmoro mengingatkan memaksimalkan perlindungan corona bagi diri sendiri tidak akan bermanfaat dalam membentuk kekebalan komunitas (herd immunity).

Hal ini justru akan menyebabkan herd immunity, yang bertujuan menekan laju penularan COVID-19, justru akan lambat terbentuk.

“Vaksin harus diberikan secara merata, setara untuk melindungi semua. Ingat, herd immunity itu bukan karena satu orang divaksin berkali-kali. Tapi 200 juta orang mendapatkan vaksin sebagai perlindungan yang efektif,” kata Reisa secara virtual di YouTube Lawan COVID-19, Jumat (13/8).

Meski begitu, Reisa mengapresiasi sudah banyak masyarakat yang antusias divaksinasi corona. Ia pun berharap masyarakat yang belum divaksin untuk segera pergi ke faskes terdekat dan mendapatkan suntikan vaksin.

 

YA

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close