Buah HatiBeritaNasionalUmum

DPD RI Minta Pemerintah Santuni Anak yang Ditinggal Orang Tuanya Karena Pandemi

BIMATA.ID, Jakarta- Wakil Ketua DPD RI, Sultan B Najamudin meminta pemerintah untuk segera memberikan santunan biaya hidup dan biaya sekolah bagi anak yatim-piatu yang orang tuanya meninggal akibat terpapar COVID-19.

“Pandemi menyisakan banyak anak-anak Indonesia kehilangan orang tua, baik ayah, bahkan ayah dan ibu sekaligus. Tugas negara adalah memastikan mereka tak kehilangan harapan dan masa depan,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (30/08/2021).

Sultan menjelaskan, menurut data Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, ada 9 ribu anak yang ditinggal orang tuanya karena pandemi ini.

“Tercatat, jumlah anak-anak yang kehilangan orang tua karena pandemi mencapai 9 ribu anak lebih. Mereka terdiri dari anak yatim 4 ribuan anak, piatu 3 ribuan anak, yatim piatu 400-an anak, dan tanpa keterangan 300-an anak,” terangnya.

Situasi ini merupakan fenomena kemanusiaan yang dapat mempengaruhi masa depan ribuan anak bangsa, sehingga ia menilai perlu adanya keseriusan dari seluruh pihak termasuk masyarakat.

“Selain pemerintah, peran serta organisasi masyarakat keagamaan dan Yayasan sosial dan kemanusiaan juga lembaga swadaya masyarakat (LSM) juga penting untuk turut gotong royong menyelamatkan anak-anak Indonesia yang terdampak pandemi COVID-19. Pemerintah bisa berkolaborasi dengan yayasan sosial dan pendidikan,” tandasnya.

 

(Bagus)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close