Berita

Disdik Kabupaten Bojonegoro Izinkan Sekolah Lakukan PTM Terbatas untuk Jenjang SMP

BIMATA.ID, Bojonegoro — Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur, izinkan sekolah lakukan pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas pada hari Rabu 01 September 2021 untuk jenjang pendidikan tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Besok (Rabu,1/9/2021) memulai tatap muka terbatas semua sekolah tingkat SMP,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro Dandi Suprayitno, Selasa (31/08/2021).

Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 dari klaster sekolah selama melakukan pembelajaran tatap muka, pihaknya telah memberikan surat edaran ke semua sekolah agar menyiapkan fasilitas maupun penunjang sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang sudah ditetapkan.

“Sampai hari ini laporan dari sekolah SOP sudah siap, lalu komunikasi dari gugus tugas penanganan Covid-19 maupun Dinas Kesehatan di daerah juga sudah,” jelasnya.

Target di awal untuk PTM terbatas ini difokuskan kepada pelajar yang akan menghadapi assessment nasional, yakni kelas 8 dan 9.

Asesmen Nasional adalah program pemetaan mutu pendidikan pada seluruh sekolah, madrasah, dan program kesetaraan jenjang sekolah dasar dan menengah.

Sedangkan dalam skenario pembelajaran tatap muka ini akan dilakukan dengan jumlah 50 persen dari kapasitas kelas.

Setiap hari dilakukan pembelajaran selama dua jam. Selain itu, dinas pendidikan juga mempertimbangkan secara endemi kasus di setiap daerah.

“Prosentase menghitung jumlah siswa yang masuk sekolah ini juga melihat kondisi daerah. Daerah yang masih zona merah juga menjadi pertimbangan agar pihak sekolah tidak menggelar PTM,” pungkasnya.

[oz]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close