Berita

BPBD Kabupaten Bogor Mencatat ada Tiga Kecamatan Mengalami Banjir dan Longsor

BIMATA.ID, Bogor — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor mencatat, ada tiga bencana alam yang terjadi di tiga kecamatan di antaranya banjir di Kecamatan Bojonggede, longsor di Kecamatan Cijeruk dan Sukaraja.

“Di Bojonggede itu banjir lintasan tepatnya di Kampung Plered, Desa Rawa Panjang dengan ketinggian air sekitar 20 hingga 50 centimeter. Ada 15 rumah terdampak,” kata Sekretaris BPBD Kabupaten Bogor, Budi Pranowo, Senin (02/08/2021).

Menurutnya, hujan yang cukup deras mengakibatkan melimpahnya air pada aliran anak Sungai Kalibaru sehingga meluap ke pemukiman dan akses jalan desa.

Sementara untuk longsor di Kecamatan Cijeruk, Budi menyebut jika ada satu rumah di Kampung Bantar Panjang, Desa Cibalung mengalami rusak sedang. Rumah berisi enam jiwa tersebut tertimpa longsoran dari tebing tinggi empat meter saat hujan deras.

“Kami sudah melakukan assessment di lokasi longsoran dengan menutupnya dengan terpal, meminimalisasi terjadinya longsor susulan,” paparnya.

Sedangkan, pada kejadian longsor di Kecamatan Sukaraja, menyebabkan sebuah rumah di Kampung Warnasari, Desa Cilebut Timur terdampak.

“Longsor terjadi dikarenakan hujan deras yang cukup lama, sehingga menyebabkan tembok penahan tanah (TPT) sepanjang 15 meter dan tinggi 4 meter longsor,” kata Budi.

Sebelumnya, Sabtu (31/7), sejumlah rumah warga di Kampung Curug, Kelurahan Pakansari, terendam banjir usai di sejumlah wilayah di Kabupaten Bogor diguyur hujan yang mengakibatkan meluapnya Sungai Cikumpa.

[oz]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close