Berita

BMKG Ingatkan Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem

BIMATA.ID, Jakarta — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) minta masyarakat waspadai potensi cuaca ekstrem seperti puting beliung, hujan lebat disertai kilat atau petir, hujan es dan lainnya.

Hal itu bisa saja memicu potensi terjadinya banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.

Menurut BMKG, potensi cuaca ekstrem pada 22 Agustus dan 23 Agustus 2021, terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, dan Banten.

Wilayah lainnya yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Sementara pada 24 Agustus hingga 26 Agustus 2021, BMKG mengingatkan masyarakat di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, dan Banten.

Potensi yang sama bisa terjadi diwilayah Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Lebih Lanjut BMKG menuturkan, kondisi cuaca pada periode 20 Agustus hingga 26 Agustus 2021 cukup bervariasi.

Namun potensi curah hujan yang cukup signifikan diperkirakan terdapat di sebagian besar wilayah Sulawesi bagian tengah, Maluku dan Papua.

[oz]
Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close