HukumBeritaNasionalSains & TekUmum

Beberapa Situs Resmi Pemerintah Diretas, BSSN Imbau Instansi Terkait Untuk Perbaiki

BIMATA.ID, Jakarta- Juru Bicara Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Anton Setiyawan mengatakan, sejumlah situs resmi pemerintah disusupi konten judi online, hingga saat ini ada 98 instansi yang diretas.

“Kalau dari list terbaru ada 98 website yang terdampak,” kata Anton kepada wartawan, Kamis (26/08/2021).

Anton menilai, pada situs jurnal itu terdapat kerentanan, yang diretas menyasar e-jurnal beberapa instansi.

“Kerentanannya berasal dari platform generik journal yang digunakan oleh website-website tersebut. Ya (yang di-hack) yang menggunakan e-journal,” katanya.

BSSN sudah melakukan koordinasi dengan instansi terkait. BSSN pun telah memberikan beberapa rekomendasi.

“Insiden ini sudah terpantau oleh BSSN melalui Pusopkamsinas. Sudah dilakukan notifikasi terhadap hal ini ke instansi terkait,” kata dia.

“Rekomendasi awal yang kita berikan ke instansi tersebut: Satu, melakukan proses respons insiden secara tuntas untuk mengetahui kemungkinan backdoor yang ada di dalam sistem. Dua, penelusuran pelaku kejahatan peretasan dan jaringannya,” kata dia.

BSSN juga meminta instansi terkait memperbaiki situs yang diretas. Dia menduga peretasan ini dilakukan dengan cara perusakan massal atau mass defacement.

“Tiga, melakukan perbaikan aplikasi generik yang rentan tersebut karena indikasinya berasal dari mass defacement,” katanya.

 

(ZBP)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close