Regional

Sempat Tak Dilaporkan, Pendaki Bawakaraeng yang Tewas Ternyata Tiga Orang

BIMATA.ID, Gowa – Pendaki yang meninggal dunia di Gunung Bawakaraeng, Gowa, Sulawesi Selatan, ternyata tiga orang. Belakangan diketahui setelah petugas menemukan fakta baru.

Kasi Ops Basarnas Makassar, Rizal menungkapkan, bahwa tiga korban meninggal merupakan satu rombongan yang berjumalah delapan orang. Lima lainnya selamat.

“Jadi teman korban yang selamat ini tidak melapor, tidak menyampaikan ke kita bahwa ada satu lagi temannya yang meninggal,” kata Rizal, Rabu (18/8/2021).

Lihat juga: Dua Pendaki Bawakaraeng Meninggal, Kapolsek: Diduga Hipotermia

Adanya korban lain yang meninggal bermula saat petugas SAR mencoba mengidentifikasi dua orang korban meninggal yang telah dievakuasi.

“Kita kan tidak tahu identitasnya kan. Jadi saya sempat tanyakan, temannya yang selamat bilang ‘ini Pak teman saya Steven, yang itu Rian, Pak,” ucapnya.

Namun polisi yang berkoordinasi dengan pihak keluarga korban meninggal justru mendapatkan fakta yang berbeda. Pihak keluarga menyebut korban atas nama Rian belum ditemukan.

“Keluarga korban bilang itu bukan Rian Pak. Nah kita tanya sebenarnya itu siapa, (teman korban jawab) itu Enal, Pak, terus Rian itu mana?” ucap Rizal mengulas pengakuan tekan korban.

Setelah didalami lebih lanjut, rekan-rekan korban membuat pengakuan yang membuat para petugas SAR geger. Sebab, pendaki atas nama Rian ternyata juga telah meninggal namun ditinggal di jalur pendakian.

“Katanya Rian tadi subuh sama kami Pak, dia meninggal. Saya hanya tutup jaket di jalur di dekat batu,” ungkap Rizal.

Menurut Rizal, rekan-rekan korban sejak pagi tadi tiba di kaki Gunung Bawakaraeng. Namun mereka tak melaporkan kondisi Rian yang juga telah meninggal dunia.

“Dia tidak melapor ke kita,” ungkap Rizal.

Atas pengakuan tersebut, lanjut Rizal, SAR gabungan kembali melakukan pencarian terhadap jenazah Rian. Rizal pun sangat menyesalkan ketidakjujuran korban tersebut.

“Dan nanti pada saat jenazah kedua kita evakuasi baru tahu ternyata masih ada satu lagi. Jadi saya bilang kenapa tidak bilang dari tadi, itu kan posisinya berdekatan, harusnya kita bisa evakuasi berdekatan,” sesalnya.

(HW)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close