Regional

Penyekatan Akses Gunung Bawakaraeng dan Lembanna Diperketat Jelang 17 Agustus

BIMATA.ID, Gowa – Pemkab Gowa memperketat penyekatan seluruh tempat wisata di Kecamatan Tinggimoncong. Daerah ini merupakan akses Gunung Bawakaraeng dan Lembanna.

Camat Tinggimoncong Iis Nurismi mengatakan, selama PPKM ini pihaknya bersama pemerintah kecamatan, TNI, Polri, ormas dan relawan melakukan penyekatan yang dimulai dari posko PPKM Malino kemudian Kelurahan Pattapang, dan Posko Lembanna. Hal itu dilakukan untuk mencegah masuknya masyarakat ke wilayah ini untuk melakukan wisata.

“Ada tiga posko yang harus mereka lalui ketika masuk di Kecamatan Tinggimoncong dan itu semua dijaga secara ketat oleh tim gabungan personel secara bergantian,” kata Iis.

Saat ini kata dia, kebanyakan masyarakat datang untuk melakukan pendakian di Lembanna atau di Gunung Bawakaraeng sehingga pihaknya betul-betul menjaga ketat agar tidak ada yang lolos.

Kendati demikian dirinya tidak menampik masih banyak masyarakat yang lolos untuk melakukan pendakian karena terdapat beberapa titik untuk sampai ke jalur pendakian.

“Kemungkinan memang ada yang lolos karena jalur pendakian terdapat beberapa titik,” jelasnya.

Dia mengimbau agar wisatawan maupun kelompok pecinta alam untuk sementara waktu mengurungkan niatnya melakukan pendakian. Terlebih saat ini cuaca sangat ekstrem sehingga dikhawatirkan membahayakan keselamatan.

“Di masa-masa seperti ini, mari kita saling menjaga, menjaga diri dan orang yang ada di sekitar kita. Serta urungkan niat berkegiatan yang rawan menimbulkan kerumunan, cuaca juga sangat estrem angin kencang dan dingin dan masih banyak kegiatan-kegiatan yang dapat kita lakukan untuk bangsa dan negara ini selain melakukan pendakian,” imbaunya.

(HW)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close