Regional

Diskes Makassar Segera Cairkan Insentif Nakes Puskesmas

BIMATA.ID, Makassar – Insentif tenaga kesehatan (nakes) untuk periode Oktober-Desember 2020 naungan Pemkot Makassar segera cair.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Makassar, Andi Hadijah mengatakan, anggaran insentif tersebut mencapai Rp9 miliar. Pencairannya baru rampung untuk nakes Rumah Sakit (RS).

“Kalau untuk yang sampai Desember minggu ini cair, seluruhnya untuk puskesmas, kalau untuk rumah sakit sudah cair,” katanya.

Sedangkan insentif 2021, pihaknya masih melakukan perampungan data nakes penerima. Ada sekitar 5 ribu penerima yang akan diverifikasi.

“Itu mereka lagi masukkan semua datanya dulu. Ada yang sudah masuk kita verifikasi pelan-pelan toh, dari 47 puskesmas masih ada yang belum masukkan, nah yang sudah masukkan masih harus diverifikasi,” katanya.

Diketahui, total ada sebanyak Rp51 miliar tunggakan yang harus dibayarkan oleh Diskes. Rinciannya, Rp42 miliar untuk tunggakan pembayaran Oktober hingga Desember 2020.

Lalu, Rp24 miliar untuk periode hingga Juli 2021 telah dialokasikan BKPSDM. Sisa menunggu perampungan administrasi sebelum dibayarkan.

“Jadi Insyaallah kota juga akan bayarkan Juli sampai Desember (2021),” jelas dia.

Sebelumnya, lambannya pencairan insentif nakes sempat menuai sorotan tajam sejumlah pihak. Bahkan, Mendagri sempat mengatensi hal ini lewat edaran No.440/3687/SJ tentang Percepatan Pelaksanaan Anggaran dan Belanja Daerah Untuk Penanganan Pandemi Covid-19 dan Percepatan Pemulihan Ekonomi.

(HW)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close