Nasional

Yan Mandenas Minta Kemkominfo Proaktif soal Penyebaran Informasi Covid-19

BIMATA.ID, Jakarta – Anggota Komisi I DPR RI Yan P Mandenas meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika lebih proaktif dan bersinergi dengan Satgas Covid-19 atau satuan tugasa lainnya, untuk mengontrol perkembangan dan penyebaran informasi terkait penyebaran pandemi Covid-19 dan varian barunya.

Diharapkan, informasi terkait perkembangan Covid-19 yang tersebar di publik adalah benar, didasarkan pada data serta informasi dari sumber yang valid, serta dari lembaga yang kredibel.

“Publik perlu memiliki informasi yang benar terkait jenis perkembangan virus serta klasifikasi dampaknya secara baik dan komprehensif,” kata Yan Mandenas yang juga politisi Partai Gerindra ini, Jakarta, Senin (5/7).

Menurut Yan Mandenas, jangan sampai apa yang beredar di publik hanya berdasarkan pada spekulasi-spekulasi liar serta opini yang tidak bisa dipertanggung jawabkan, dan dibiarkan tanpa kendali.

Anggota DPR RI dapil Papua ini juga meminta agar Menteri Komunikasi dan Informatika beserta jajarannya lebih berperan aktif memantau sumber informasi yang beredar serta memastikan informasi mana saja yang tergolong hoax, sehingga tidak menimbulkan kepanikan dan ketakutan yang tidak perlu.

“Publik membutuhkan informasi terkait perkembangan Covid-19 secara benar agar lebih waspada dan serius melakukan protokol kesehatan. Karena itu, semua informasi yang beredar harus akurat dan teruji,” papar Yan Mandenaa.

Selain itu, Yan Mandenas juga meminta Kemkominfo dapat membangun komunikasi intensif dengan semua media massa, baik cetak maupun elektronik, dan serta kelompok pengguna media sosial agar ikut mendorong meningkatkan kesadaran serta disiplin masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan. Peran sosialisasi media harus lebih ditingkatkan oleh Kementerian terkait. Menurutnya, disiplin warga dalam menjalankan protokol kesehatan akan ikut menekan laju penyebaran Covid-19, termasuk jenis varian baru lainnya.

“Peran media perlu didorong oleh Kementerian Informasi dan Informatika, agar ikut berpartisipasi, melalui pemberitaan, dalam menyukseskan pelaksanaan vaksinasi nasional. Target vaksinasi harian oleh Pemerintah harus dicapai agar ketahanan masyarakat kita bisa segera terbentuk. Kesadaran publik mengenai pentingnya vaksinasi harus bisa didorong melalui pemberitaan dan informasi,” ucapnya.

Yan Mandenas berharap, melalui tingkat kesadaran tinggi, komitmen disiplin masyarakat menerapkan protokol kesehatan serta partisipasi yang luas dalam mengikuti vaksinasi, bangsa Indonesia bisa segera keluar dari kubangan dan masa-masa sulit menghadapi Covid-19 ini.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close