Berita

Wagub DKI Tunggu Arahan Pemerintah Pusat Soal Bansos Selama PPKM Darurat

BIMATA,ID, Jakarta — Wakil Gubernur ( Wagub ) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan Pemprov DKI Jakarta sedang menunggu arahan dan petunjuk dari pemerintah pusat terkait pelaksanaan bantuan sosial (bansos) kepada warga terdampak Covid-19 selama PPKM darurat.

“Soal BST (bantuan sosial tunai), kami menunggu keputusan dari pemerintah pusat,” ujar Riza, Rabu (07/07/2021).

Riza menuturkan Pemprov DKI Jakarta pada prinsipnya mendukung dan mengikuti kebijakan pemerintah pusat selama pelaksanaan PPKM darurat termasuk terkait BST.

Jika sudah petunjuk dari pemerintah pusat, maka Pemprov DKI akan langsung bergerak.

“Pemerintah daerah mengikut keputusan yang diambil pemerintah pusat terkait BST, bantuan sosial tunai,” ungkap Riza.

Informasi sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir mengatakan, saat ini pemerintah telah mulai menyalurkan BST kepada 10 Juta keluarga penerima manfaat (KPM) yang terdampak, termasuk keluarga-keluarga miskin baru.

“Sekarang ini secara bertahap sudah tersalurkan. Artinya sudah dikirim ke rekening- rekening untuk yang lewat Bank Himbara. Sedangkan yang untuk PT Pos juga sudah mulai ada pengantaran uang langsung kepada keluarga penerima manfaat,” ujar Muhadjir dalam keterangannya, Selasa (06/07).

Muhadjir mengaku optimistis penyaluran bansos pada masa PPKM Darurat kali ini akan berjalan lebih baik dari pada masa PSBB ketat tahun lalu. Pasalnya, Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) saat ini sudah terverifikasi lebih baik sejak masa penyaluran bansos tahun lalu.

“Insyaallah data yang sekarang ini jauh lebih rapi lebih bisa dipertanggungjawabkan daripada data tahun lalu,” pungkas Muhadjir.

[oz]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close