Berita

Wagub DKI Minta Jajaranya Perkuat Koordinasi untuk Memantau Warga yang Melakukan Isoman

BIMATA.ID, Jakarta — Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta jajaran RT/RW untuk meningkatkan komunikasi guna mengantisipasi kematian pasien saat isolasi mandiri di wilayahnya.

“Ada peningkatan memang jumlah yang meninggal saat isoman, untuk itu sudah ditangani, dikoordinasikan dengan RT, RW, Lurah dan Puskesmas setempat, bahkan setiap rumah diberi tanda,” kata Riza, Sabtu (24/07/2021).

Politisi Partai Gerindra itu juga menambahkan, Pemprov DKI Jakarta sudah menyampaikan kepada RT/RW agar setiap rumah warga menjalani isolasi mandiri untuk diberi tanda juga meminta masyarakat yang menjalani isolasi mandiri untuk melapor kepada RT/RW.

“Harus ada koordinasi terus, terus komunikasi. Jadi tingkatkan komunikasi antara keluarga, pasien yang isoman dengan petugas, agar kita bisa membantu semaksimal mungkin, Kami minta yang isoman di rumah khususnya untuk segera melaporkan. Dan keluarga yang ada keluarganya yang isoman tolong diperhatikan,” tutur Riza.

Informasi sebelumya, Walikota Jakarta Pusat, Dhany Sukma mengatakan setidaknya 107 orang positif Covid-19 di Jakarta Pusat meninggal dunia saat melakukan isolasi mandiri. Dia menyebut rata-rata pasien meninggal berusia lanjut.

“Berdasarkan data terakhir itu, ada 107 warga Jakarta Pusat meninggal saat isoman. Rata-rata yang meninggal itu umumnya lansia (lanjut usia),” kata Dhany usai meninjau kegiatan vaksinasi di Johar Baru, Jakarta Pusat, Sabtu (24/07).

Dhany menjelaskan, berdasarkan data terakhir, ada 107 permintaan pemulasaraan jenazah dengan protokol kesehatan, berharap warga dapat mengantisipasi dengan menyampaikan informasi secara terbuka. Ketika menjalani isolasi, warga harus melaporkan kondisinya ke RT maupun RW setempat.

“Misalnya dalam lingkungan itu ada yang kena, ya laporkan ke posko. Nanti (petugas) posko itu akan mendatangi untuk mengecek, memantau kesehatannya, kemudian melakukan PCR, setelah itu bisa dilacak,” ucapnya.

[oz]

Tulisan terkait

Bimata
Close