Sains & Tek

Transisi Menuju Kendaraan Listrik, Nissan Siapkan Pabrik Baterai untuk 2024

BIMATA.ID, Jakarta- Nissan segera membangun pabrik baterai di Inggris, Britania Raya pada 2024 untuk mendukung transisi menuju era kendaraan listrik.

Berdasarkan sumber anonim yang dekat dengan proyek ini, perusahaan otomotif asal Jepang itu sedang dalam tahap pembicaraan bersama pemerintah Inggris. Diperkirakan pengumuman resmi dari hasil diskusi akan rilis beberapa bulan mendatang.

“Setelah mendirikan EV (Electric Vehicle) dan produksi baterai di Inggris pada 2013 untuk Nissan LEAF, Sunderland Plant milik kami telah memainkan peran perintis dalam mengembangkan pasar kendaraan listrik,” ujar seorang juru bicara Nissan, dikutip dari Autocar.

Lebih lanjut, Nissan menyatakan lewat juru bicara itu bahwa rencana pembuatan baterai adalah bagian dari strategi global Nissan menuju netralitas karbon.

Saat ini, Nissan memperluas kapasitas Sunderland Plant yang berlokasi tidak jauh dari Newcastle-upon-Tyne, di wilayah Tyne and Wear. Rencanannya, Inggris akan menjadi pusat produksi Nissan terbesar di luar Jepang.

Sementara pembicaraan dengan Nissan sedang berlangsung, pemerintah Inggris juga berbicara dengan beberapa investor gigafactory potensial lainnya.

Adapun alasannya, industri otomotif Inggris bakal kurang kompetitif di pasar global bila tidak memiliki fasilitas produksi baterai sendiri.

Uniknya, ada kabar berkembang bahwa Tesla tengah mempertimbangkan membuat pabrik baterai sendiri di Inggris. Padahal, perusahaan asal Amerika Serikat ini sudah memilih membuka pabrik baterai sekitar Berlin, Jerman, yang tertunda karena masalah perizinan.

Kabar tadi makin hangat, pasalnya Elon Musk baru-baru ini melakukan kunjungan ke Negeri Ratu Elizabeth II. Siapa tahu memang tengah melakukan penjajakan, bukan?

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close