Bimata

Tim Gabungan Bangka Barat Melakukan Tes Usap Acak di Lokasi Keramaian Selama PPKM Level 4

BIMATA.ID, Banka — Kepala Puskesmas bersama Tim Gabungan Kabupaten Bangka Barat, Hariyanto melakukan tes usap secara acak kepada sejumlah pengunjung di beberapa lokasi keramaian di Kecamatan Mentok. Hal tersebut untuk mendeteksi penyebaran Covid-19.

Kegiatan ini upaya  menindaklanjuti kebijakan pemerintah dalam upaya pencegahan penularan virus melalui Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 yang sedang dilaksanakan di daerah itu, mulai 26 Juli hingga 2 Agustus 2021.

“Pengunjung rumah makan, toko, lapak kaki lima, kafe dan di Pelabuhan Ikan tadi malam kami lakukan tes usap secara acak,” katanya, Kamis (29/07/2021).

Selain itu,tim gabungan juga memberikan imbauan dan edukasi kepada warga agar patuh menjalankan protokol kesehatan secara disiplin guna mengatasi penyebaran virus corona agar tidak semakin meluas. Kegiatan pengawasan ini akan terus dilakukan selama pelaksanaan PPKM level 4.

“Tim Satgas Penanganan Covid-19 bersama para petugas puskesmas akan melakukan penyisiran serta melakukan tes usap antigen di tempat, bagi pemilik maupun pengunjung,” ucapnya.

Kegiatan yang dilakukan lebih menekankan pada pendekatan agar masyarakat Bangka Barat bisa mematuhi Inmendagri Nomor 25 Tahun 2021 dan Surat Edaran Bupati Bangka Barat tentang PPKM level 4, sehingga dapat menurunkan kasus positif Covid-19.

“PPKM juga untuk menurunkan angka kematian yang saat ini masih tinggi. Untuk itu tetap patuhi protokol kesehatan 5M, kapan pun dan di mana pun,” ujar Hariyanto.

[oz]

Exit mobile version