BeritaPolitik

Puan Maharani Ingatkan Pemerintah Hati-hati Longgarkan PPKM Level 4

BIMATA.ID, Jakarta – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI), Puan Maharani mengatakan, angka kematian akibat Covid-19 di sejumlah wilayah masih meningkat signifikan.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini kemudian mengingatkan, agar pemerintah berhati-hati dalam pengambilan kebijakan, termasuk langkah memperpanjang kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4.

“Meskipun sudah ada tren penurunan kasus, misalnya pada penambahan kasus dan positivity rate, namun di beberapa daerah indikator tersebut justru masih meningkat. Begitu juga angka kematian di sejumlah wilayah masih meningkat signifikan. Karena itu, pemerintah harus ekstra hati-hati,” kata Puan, dalam keterangannya di Jakarta, Senin (26/07/2021).

Mantan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI ini menilai, PPKM Level 4 dengan segala penyesuaiannya ke depan harus mampu menurunkan semua indikator laju penularan Covid-19, termasuk angka kematian saat isolasi mandiri.

Dia menerangkan, Pemerintah Daerah (Pemda) tidak boleh beralasan kematian tinggi karena banyak pasien isolasi mandiri (isoman) tidak lapor.

“Justru di sana tugas aparat Pemda yang dibantu masyarakat untuk terus memantau kondisi wilayahnya selama PPKM Level 4 diterapkan,” terang Puan.

Legislator daerah pemilihan (Dapil) Provinsi Jawa Tengah V ini mengingatkan, pentingnya pemerintah ke depan lebih responsif terhadap setiap perubahan kondisi penularan Covid-19 yang terjadi di beberapa daerah.

Dia menyebut, dalam kondisi penyesuaian PPKM seperti saat ini pemerintah harus lebih sigap mengambil tindakan.

“Dalam strategi gas dan rem yang dipakai pemerintah, kalau PPKM Level 4 disesuaikan untuk sektor usaha kecil, berarti pemerintah sudah kembali menginjak gas, meski belum sepenuhnya melepas rem,” ujar Puan.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close