Berita

Pemprov DIY Bentuk Satgas Antisipasi Kelangkaan Oksigen

BIMATA.ID, Yogyakarta — Sekretaris Daerah (Sekda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Kadarmanta Baskara Aji mengatakan pihaknya sudah menunjuk Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag DIY) dan Dinas Kesehatan (Dinkes DIY) untuk membentuk Satuan Tugas Oksigen untuk mengantisipasi menipisnya jumlah tabung oksigen di DIY, Satgas juga bertugas memastikan ketersediaan tabung oksigen.

“Saya sudah minta Asisten II untuk memimpin Satgas Oksigen,” kata Aji, Jumat (02/07/2021).

Seperti diketahui sejumlah rumah sakit, termasuk di DIY sempat kesulitan mendapatkan tabung oksigen. Mereka bahkan harus mencari hingga keluar pulau.

Direktur Utama RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, Mohammad Komarudin menjelaskan, pada pekan lalu pasokan oksigen menipis.

“Beberapa waktu lalu kita ketar ketir dengan pasokan oksigen, bahkan Sabtu, Minggu sampai Senin kemarin (pekan lalu) itu patokan hitungan jam,” ujar Komarudin.

Karena persediaan yang mengkhawatirkan itu, pihaknya kemudian mencari oksigen ke sejumlah tempat lain, bahkan hingga ke Denpasar, Bali.

“Kita ngangsu (ngangkut), kemanapun yang penting dapat. Kami mendatangkan ada suplier baru, tidak hanya PT Samator. PT Samator terbatas harus berbagi dengan berbagai rumah sakit,” ujarnya.

“Kita datangkan dari Surabaya bahkan Denpasar. Satu truk dari Denpasar 202 tabung dan konsentrat dari Surabaya. Ini untuk membackup,” kata dia.

[oz]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close