Berita

Pemkot Makassar Usulkan Kapal Pelni Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19

BIMATA.ID,  Makassar — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar usulkan kapal PT Pelni yang tidak beroperasi sementara bisa dipinjamkan untuk perawatan Isolasi Mandiri bagi pasien yang terpapar tanpa gejala sebagai langkah antisipasi lonjakan pasien baru Covid-19.

“Kami mengusulkan kepada pemerintah pusat, dan telah mengontak Kementerian Perhubungan dan BUMN. Bagi daerah-daerah yang memiliki laut seperti Makassar bisa dipinjamkan kapal Pelni untuk dijadikan tempat isolasi mandiri apung,” Kata Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, Rabu (07/7/2021).

Pihaknya berharap, usulan itu disetujui pemerintah pusat. Sebab, kapal Pelni bisa dijadikan alternatif ruang isolasi mandiri bagi pasien baru tanpa gejala (asymptomatic) mengingat sangat relevan dengan program. Apalagi, kapal Pelni memiliki daya tampung lebih dari 1.000 tempat tidur bisa dilaksanakan program pemulihan bagi pasien di atas kapal.

“Kalau isolasi di hotel, daya tampungnya sedikit, paling banyak kapasitas itu 100 kamar. Tapi kalau di kapal Pelni bisa lebih 1.000 tempat tidur. Isolasi mandirinya bisa terukur, betul-betul terisolasi, lebih sistematis, dan jauh dari jangkauan pemukiman warga,” ujarnya

Pria yang akrab disapa Danny itu, juga berencana menyiapkan satu hotel khusus bagi tim detektor dan relawan tenaga kesehatan yang bisa saja terpapar Covid-19 saat menjalankan tugas di lapangan.

“Tentu ada perlakuan khusus bagi tim detektor kami, selain jaminan lainnya, jika ada yang positif (terpapar) jauh lebih aman isolasi di hotel daripada di rumah mereka masing-masing,” Pungkasnya.

[oz]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close