KesehatanBeritaNasionalPolitik

Pemerintah Diminta Segera Kirim Vaksin ke Daerah yang Kehabisan Stok

BIMATA.ID, Jakarta- Ketua DPR Puan Maharani mendorong pemerintah memastikan ketersediaan vaksin Covid-19 di sejumlah daerah. Menurut dia, program vaksinasi Covid-19 tidak boleh terhenti untuk mengejar target herd immunity yang sudah ditetapkan pemerintah.

“Antusiasme rakyat untuk divaksinasi di sejumlah daerah jangan sampai menurun karena vaksin tidak tersedia,” kata Puan dalam keterangannya, Rabu (21/07/2021).

Pemerintah Presiden Joko Widodo agar pemerintah daerah cepat menghabiskan stok vaksin, harus diimbangi oleh pengadaan vaksin yang juga cepat oleh pemerintah pusat. Puan menekankan agar jangan sampai ada jeda dalam program vaksinasi Covid-19, karena tidak tersedianya vaksin.

“Jangan sampai ada jeda. Vaksinasi jangan sampai terhenti karena vaksin tidak tersedia,” tuturnya.

Ketua DPP PDI-P itu meminta pemerintah terus berupaya dengan segala cara untuk mendatangkan vaksin, sehingga tidak ada lagi laporan dari daerah bahwa vaksin habis yang mengakibatkan terhentinya vaksinasi.  Pemerintah Daerah sudah menjalankan perintah Presiden Jokowi agar vaksin dihabiskan dan tidak ada lagi stok.

“Tinggal sekarang pemerintah yang harus gerak cepat untuk mendatangkan vaksin. Jadi pemerintah pusat yang mendatangkan vaksin harus kejar-kejaran dengan pemerintah daerah yang melaksanakan vaksinasi,” ujar dia.

Diketahui, laporan stok vaksin menipis atau bahkan habis di sejumlah provinsi di antaranya Sulawesi Tenggara, Sumatera Barat, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Sejumlah warganet juga berkeluh kesah akibat tertundanya jadwal vaksinasi Covid-19 dosis kedua.

Vaksinasi dosis kedua ini disebutkan tertunda karena stok vaksin di beberapa daerah sudah habis. Menurut Juru Bicara Vaksinasi untuk Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi, masalah penundaan jadwal vaksinasi Covid-19 terjadi karena masalah distribusi.

 

(Bagus)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close