Peristiwa

Kuburan Makhluk Laut Mirip Alien dari Zaman Dinosaurus Ditemukan

BIMATA.ID, Jakarta- Ahli paleontologi menemukan kuburan fosil makhluk laut mirip alien, dari Periode Jurassic atau Zaman Dinosaurus, di bawah tambang batu kapur di wilayah Cotswolds Inggris.

Temuan fosil ini mencakup puluhan ribu invertebrata laut yang disebut echinodermata, termasuk nenek moyang kuno bintang laut, teripang, dan bulu babi.

Fosil yang terawetkan dengan baik itu diprediksi mengembangkan komunitas dasar laut dengan baik.

Namun, bencana seperti tanah longsor yang dipicu gempa bumi mengubur hewan tersebut selama 167 juta tahun.

“Makhluk-makhluk itu mencoba melindungi diri mereka sendiri tetapi semuanya sia-sia. Mereka terdorong ke dalam sedimen dan terkubur hidup-hidup,” kata Neville Hollingworth, seorang pemburu fosil amatir yang menemukan fosil ini saat mendaki bersama istrinya.

Situs ini berasal dari periode Jurassic tengah atau kira-kira 200-145 juta tahun lalu, ketika sauropoda raksasa dan dinosaurus theropoda haus darah menguasai daratan.

Berbeda dengan dunia laut pada Periode Jurassic, setengah dari semua spesies laut telah mati dalam peristiwa kepunahan pada akhir periode Trias dan echinodermata berevolusi secara signifikan.

Dilansir dari Live Science, Jumat (30/7/2021), tim ilmuwan memprediksi lokasi dasar laut ini dulunya mungkin cukup dangkal, sekitar 20-40 meter.

Meskipun tidak tahu dengan jelas apa sebenarnya yang menghancurkan komunitas besar ini, para ilmuwan tetap antusias untuk menganalisisnya karena fosil terawetkan dengan baik di bawah lumpur.

Dengan ribuan spesimen beragam yang siap untuk dianalisis, tim ahli berharap dapat mempelajari lebih lanjut tentang evolusi echinodermata selama Periode Jurassic.

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close