Berita

Kadinkes Balikpapan Sebut Kapasitas Ruang Rawat Pasien Covid-19 Penuh

BIMATA.ID, Balikpapan — Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Balikpapan dr Andi Sri Juliarti menerangkan tingkat keterisian ruang isolasi dan Intensive Care Unit (ICU) untuk pasien covid-19 di rumah sakit di Balikpapan, Kalimantan Timur, kini sudah lebih dari 100 persen sehingga banyak pasien yang antri untuk dirawat.

“Jadi sudah melebihi kapasitas yang disediakan,” kata Juliart, Kamis (08/07/2021.

Saat ini, jumlah pasien yang berhasil sembuh lebih sedikit ketimbang pasien yang mengantri untuk dirawat. Tempat tidur perawatan yang tersedia setelah ditinggal mereka yang sembuh, segera ditempati pasien berikutnya.

Satgas Covid-19 menyediakan 600 lebih sedikit tempat tidur di 11 rumah sakit di Balikpapan. Di pertengahan Juni, hanya 150 yang terpakai, sementara saat ini dengan pertambahan kasus positif rata-rata 200 orang per hari sejak akhir Juni, Balikpapan kekurangan tempat tidur.

Kadinkes Juliarty menjelaskan, dengan lonjakan kasus yang tinggi tersebut, maka tingkat kematian juga menjadi tinggi dalam sepekan terakhir jumlah pasien yang meninggal karena covid-19 rata-rata 10 orang per hari.

Angka tersebut jauh di atas batasan yang dibuat Satgas Covid-19 nasional, yang menggariskan maksimal tiga kematian per hari. Termasuk yang terpapar dan meninggal adalah juga para tenaga kesehatan.

“Kami jadi menolak pasien,” kata Wakil Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Kanujoso Djatiwibowo (RSKD) Balikpapan Ahmad Zuhro Ma’ruf.

Pasien yang kondisinya dianggap tidak mengkhawatirkan dan dapat dirawat di rumah pun ditolak. Mereka disarankan mencari ruang perawatan di rumah sakit lain.

Per tanggal 7 Juli 2021, menurut Zuhro Ma’ruf, ada 255 pasien covid-19 yang dirawat di ruang isolasi, sementara sudah ada 27 pasien positif baru yang harus dirawat di ruang isolasi tersebut.

“Mungkin 1-2 hari kedepan kami akan menambah kapasitas ICU sebanyak 12 tempat tidur,” kata Ma’ruf.

Ma’ruf juga menambahkan bahwa saat ini hanya RSKD yang bisa merawat ibu hamil yang terpapar covid-19 karena memiliki sejumlah fasilitas. Karena itu ia berharap rumah sakit lainnya di Balikpapan menambah fasilitas untuk merawat ibu hamil yang positif covid-19.

[oz]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close