Bimata

Jelang Panen Raya Lahan Petani di Ponorogo Diserang Hama Wereng

BIMATA.ID, Ponorogo — Kabid Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur, Suwarni ungkapkan jelang panen raya lahan padi para petani di beberapa wilayah Ponorogo, Jawa Timur diresahkan dengan munculnya hama wereng coklat serangan wereng dilaporkan muncul di Kecamatan Babadan, Kecamatan Sukorejo, dan Kecamatan Sampung.

Sebelumnya hama juga menyerang lahan pertanian di Ponorogo selatan salah satu penyebab munculnya hama karena kondisi cuaca tidak bisa diprediksi bulan Mei hingga Juni seharusnya sudah masuk musim kemarau. Namun nyatanya masih sering terjadi hujan yang berpengaruh akan keberlangsungan hidup hama wereng.

“Wereng cenderung mudah berkembang biak dalam kondisi kelembaban tinggi,” ucap Suwarni, Rabu (28/07/2021).

Pihaknya pun terus melakukan sosialisasi serta memberikan arahan kepada petani untuk mewaspadai hama wereng di musim panen raya.

“Sebab tidak bisa dipungkiri peristiwa semacam ini sering terjadi,” jelas Suwarni.

Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan Ponorogo memberikan bantuan insektisida baik dari daerah maupun dari Pemprov Jatim kepada petani untuk membasmi hama wereng.

“Namun barangnya sampai saat ini belum diterima sebab masih ada perpanjangan PPKM,” jelas Suwarni.

[oz]

Exit mobile version