BolaHeadline

Hyundai Bangun Fasilitas Produksi Oksigen di Cikarang, Bantu Pasien Covid-19 Indonesia

BIMATA.ID, Jakarta- PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI), pada Kamis (29/7/2021), mengumumkan komitmen untuk membangun fasilitas produksi oksigen di pabriknya yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat.

Untuk membangun fasilitas itu, Hyundai menggelontorkan dana sebesar 600.000 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 8,6 miliar. Targetnya, fasilitas ini sudah memproduksi oksigen mulai akhir Agustus 2021.

“Kami memiliki tujuan agar fasilitas pabrik Hyundai Motor dapat berfungsi lebih dari sekadar untuk memproduksi mobil, tetapi juga dapat memberikan kontribusi penting bagi masyarakat,” kata President Hyundai Motor Asia-Pacific Headquarters, Young Tack Lee dalam siaran pers yang diterima di Bogor, Jawa Barat.

Fasilitas ini diharapkan mampu memasok 500 ton oksigen pertahun, yang bisa digunakan oleh kurang lebih 2,400 pasien kritis selama satu hari di setiap bulannya, dengan asumsi produksi per bulan mencapai 40 ton.

Hyundai Motor berencana untuk memproduksi oksigen untuk kebutuhan medis ini hingga akhir tahun 2021 dan dapat terus menjalankan fasilitas produksi tersebut jika ada peningkatan permintaan yang signifikan.

“Kami berharap pemenuhan kebutuhan oksigen ini tidak hanya memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, tetapi juga membantu menyelamatkan nyawa pasien kritis yang terpapar virus Covid-19,” imbuh Lee.

Selain fasilitas produksi oksigen, Hyundai Motor memberikan donasi lainnya berupa peralatan medis yaitu mencakup 20 unit ventilator, 30 unit oksigen konsentrator, dan 100 unit tabung oksigen. Donasi bernilai 200.000 dolar AS (sekitar Rp 2,8 miliar) ini akan disalurkan bertahap pada Agustus.

Menanggapi komitmen Hyundai ini, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa solidaritas dan persahaatan adalah kuncu melewati pandemi Covid-19.

“Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Hyundai Motor. Saya juga sangat menghargai Hyundai Motor yang tidak mengambil keuntungan melalui inisiatif ini dan memberikan bantuan ini sebagai kontribusi sosial untuk Indonesia,” kata Luhut.

“Saya sangat percaya bahwa Hyundai Motor dengan Indonesia akan terus bersahabat dan saling membantu melewati pandemi COVID-19 ini,” tutup dia.

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close