Politik

Husni Gerindra Harap Keterlibatan Toga, Tomas, dan Ormas Sebagai Mitra Pencegahan Covid 19

BIMATA.ID, Sumatera Utara — Anggota DPR RI Komisi VIII Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), H. M Husni S.E., M.M, mengingatkan agar ditengah pandemi Covid-19 ini, sesuai anjuran WHO, mengharapkan tokoh agama (Toga) Tokoh Masyarakat (Tomas) dan organisasi kemasyarakatan Islam (Ormas Islam) sebagai mitra pencegahan penyebaran Covid 19, terutama kaitannya dengan kegiatan peribadatan dan keagamaan.

Hal itu ditegaskan legislator Gerindra dari daerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Utara (Sumut) 1 yang meliputi Kota Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai dan Tebing Tinggi saat menjadi narasumber dalam rangka Pembinaan SDM Pengurus Ormas Lembaga Islam Tahun 2021 se-Provinsi Sumatera Utara.

Kegiatan tersebut  diselenggarakan oleh Bidang Penerangan Agama Islam dan Penyelenggaraan Zakat dan Wakaf  Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, di Theme Park Pantai Cermin, Jl. H. Tengku Rizal Nurdin, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara  Kamis, 8 Juli 2021,

“Masyarakat Indonesia secara umum masih sangat religius, banyak jamaah yang akan mengikuti para tokoh agama dan komunitas agama. Para Tokoh Agama yang terdiri dari unsur Pengurus Ormas Islam wajib menjadi contoh dan memimpin  dalam menjalankan protokol kesehatan untuk pencegahan Covid 19, diantaranya, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, mengurangi/ membatasi mobilitas interaksi, dan. menghindari keramaian/ kerumunan,” kata Husni

Lebih lanjut Husni mengatakan, selain 5 hal diatas,demi pencegahan penularan Covid-19 juga dapat bekerjasama dengan dinas atau instansi pemerintah terkait Sosialisasi Protokol Kesehatan, yakni dengan BPBD, dalam pembagian masker kepada masyarakat, serta dapat bekerjasama dengan Kementrian Agama untuk ikut mencegah Covid 19 melalui mimbar – mimbar masjid.

“Selain mensosialisasikan pencegahan Covid 19, juga harus menjadi pengawas bagi masyarakat, jika ada warga masyarakat tidak mematuhi protokol kesehatan, maka kita berkewajiban menegurnya dengan cara yang baik dan santun”, pungkas Husni.

Usman

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close