Info SainsSains & Tek

Honda Uji Coba Robot Untuk Layanan Antar Barang

BIMATA.ID, Jakarta- Honda Motor Co., Ltd. dan Rakuten Group Co., Ltd. mulai melakukan percobaan demonstrasi dari robot pengiriman otomatis ramah lingkungan.

Percobaan ini dimulai pada 19 Juli – 31 Agustus 2021, dan dilakukan di sekitar asrama Universitas Tsukuba, Jepang dan beberapa jalan umum.

Efek dari pandemi COVID-19 menjadikan kebutuhan untuk pengiriman jarak jauh tanpa kontak fisik meningkat, sedangkan tenaga kerja pengiriman pun terus berkurang. Apalagi, situasi sosial di Jepang terdapat penurunan angka kelahiran dan populasi orang tua meningkat.

Untuk mengatasi masalah tadi, Honda bersama Rakuten meneliti robot pengiriman otomatis yang memanfaatkan teknologi robotika. Penelitian dilakukan Honda, sementara pengetahuan layanan pengiriman dari Rakuten.

Dalam keterangan Honda Global, pada proyek ini Honda memiliki peran dalam pengembangan pesawat dan sistem serta pemeriksaan spesifikasi dan melakukan demonstrasi teknis.

Honda menggunakan Honda Mobile Power Pack sebagai sumber daya. Sementara Rakuten mengambangkan kotak pengantaran produk, lalu dipadu sasis, serta dilengkapi fungsi pengantaran otomatis.h

Eksperimen demonstrasi ini mendapat dukungan New Energy and Industrial Technology Development Organization (NEDO).

Ke depannya, Honda akan terus berkontribusi untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang berkelanjutan. Caranya dengan memecahkan masalah sosial melalui teknologi robotika dan terus mempromosikan energi terbarukan.

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close