BeritaEkbisNasionalSains & TekUmumVideo

Google Meet Kini Dibatasi Video Call Gratis Hanya 60 Menit

BIMATA.ID, Jakarta – Pengguna layanan Google Meet dengan akun Gmail gratis harus gigit jari. Pasalnya mereka tidak bisa lagi melakukan video call grup secara bebas, tapi dibatasi 60 menit per sesi.

Google Meet sekarang memberlakukan batas 60 menit pada panggilan video grup untuk pengguna yang menggunakan akun Gmail gratis. Sebelumnya, mereka bebas menggunakan hingga 24 jam dengan maksimum 100 peserta.

Batasan waktu ini hanya berlaku untuk panggilan video dengan jumlah peserta lebih dari dua. Jika kamu hanya melakukan video call dengan dua peserta saja, masih bisa lebih dari 60 menit.

Dari panduan penggunaan Google Meet yang diperbarui disebutkan, pada menit ke-55, semua peserta video call akan mendapat pemberitahuan bahwa panggilan akan berakhir. Untuk memperpanjang panggilan, host diminta untuk meningkatkan akun Google mereka dengan membayar langganan.

Jika tidak berlangganan, maka panggilan akan berakhir sampai batas 60 menit. Peserta bisa membuat panggilan baru dan membagikan kembali link ke peserta lainnya.

Google menyediakan layanan premium untuk Google Meet, jika berlangganan paket Google Workspace Essentials adalah 8 dolar AS atau sekitar Rp 118 ribu per bulan. Paket ini menawarkan durasi rapat bebas atau 24 jam dengan jumlah peserta maksimal 150 orang.

Google Meet menjadi pilihan alternatif selain Zoom. Google Meet menjadi pilihan karena fiturnya yang sederhana sehingga pengaturannya lebih mudah. Apalagi terintegrasi dengan layanan Gmail membuat pengguna bisa lebih gampang mengakses Google Meet.

Selama awal pandemi covid, Google menggratiskan layanan Google Meet tanpa batasan durasi waktu rapat, sehingga sukses menjaring pengguna baru. Hal itu berbeda dengan yang dilakukan pesaingnya, Zoom yang membatasi pengguna gratis sejak awal maksimal 40 menit untuk durasi rapat.

 

YA

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close