BeritaHeadlineKesehatanPolitik

Fadli Zon Nilai Indonesia Sudah Tak Mampu Selamatkan Nyawa Rakyat

BIMATA.ID, Jakarta – Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Fadli Zon menilai, Indonesia sudah tidak mampu menanggulangi pandemi Covid-19.

Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) ini pun menyinggung, perlunya keterlibatan internasional untuk membantu Indonesia.

“Sebaiknya segera ada intervensi dan pertolongan global untuk Indonesia. Negara sudah tidak mampu menyelamatkan nyawa rakyat,” tutur Fadli, dalam akun Twitter pribadi @fadlizon, Senin (05/07/2021).

Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI ini menguraikan, ada sejumlah indikator yang membuat Indonesia gagal menangani pandemi Covid-19. Misalnya, kelangkaan oksigen hingga perkara utang Pemerintah RI.

“Rumah sakit tak berdaya melayani pasien, oksigen langka, vitamin sulit didapat. Utang kepada RS belum dibayar. Banyak orang berjibaku sendiri menyelamatkan diri,” urai Fadli Zon.

Data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI menunjukkan terjadi kenaikan permintaan oksigen menjadi lima kali lipat.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Luhut Binsar Pandjaitan meminta, agar pasokan oksigen seluruhnya dikonversi untuk memenuhi kebutuhan medis.

Pasalnya, ketersediaan oksigen menjadi masalah yang harus langsung segera ditangani di tengah melonjaknya kenaikan kasus Covid-19.

“Sekarang kita butuh data yang detail. Kita bikin konversi oksigen industri semua full ke oksigen farmasi. Kekurangan kita ini bisa nanti terpenuhi, jika oksigen industri itu semua kita fokus ke oksigen farmasi,” ucap Luhut, dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Senin (05/07/2021).

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close