Bola

Everton Resmi Tunjuk Pelatih Baru, Eks Liverpool Rafael Benitez

BIMATA.ID, Jakarta- Everton telah merekrut mantan pelatih Liverpool, Rafael Benitez sebagai juru taktik mereka yang baru dengan kontrak berdurasi tiga tahun. Demikian dikonfirmasi klub Liga Inggris itu pada Rabu (30/6/2021) malam WIB.

Everton memang telah mencari pelatih anyar sejak ditinggal Carlo Ancelotti untuk kembali menukangi Real Madrid belum lama ini.

“Penunjukan Benitez dilakukan setelah proses rekrutmen yang kuat dan luas oleh klub selama tiga pekan terakhir – sebuah proses yang mencakup beberapa wawancara dengan beberapa kandidat,” demikian pernyataan di laman resmi Everton.

Sebelumnya, mantan pelatih Wolves, Nuno Espirito Santo juga dikaitkan dengan posisi tersebut.

Benitez sendiri mengungkapkan bahwa ia senang bisa melatih Everton dalam interview usai penunjukannya.

“Sepanjang proses ini saya sangat terkesan dengan ambisi yang ditunjukkan oleh perwakilan senior di klub dan keinginan mereka untuk membawa kesuksesan ke klub bersejarah ini,” papar pelatih berusia 61 tahun berjuluk Don Rafa itu.

“Saya percaya ini adalah klub yang sedang berkembang. Saya bertekad untuk memainkan peran besar dalam membantu klub hebat ini mencapai ambisinya,” tukasnya.

Benitez sempat melatih rival sekota sekaligus musuh bebuyutan Everton, Liverpool dari 2004 hingga 2010. Pelatih asal Spanyol tersebut sukses membawa The Reds memenangi Liga Champions pada 2005 dan Piala FA pada tahun berikutnya.

Ia juga pernah menjadi juru taktik Chelsea saat mereka meraih gelar Liga Europa pada 2013 sebagai pelatih interim.

Setelah dua musim bersama Napoli dan tugas yang singkat dengan Real Madrid, di mana ia dipecat di pertengahan musim pertamanya, Benitez kembali ke Inggris untuk melatih Newcastle United yang terancam degradasi pada Maret 2016.

Meskipun Newcastle akhirnya terdegradasi dari Liga Inggris ke Divisi Championship, Benitez membawa The Magpies kembali ke top-flight pada musim berikutnya.

Namun, gesekan antara ia dan pemilik klub, Mike Ashley menyebabkannya pergi pada 2019.

Benitez kemudian melanjutkan karier kepelatihannya di Liga Super China di mana ia melatih Dalian Professional, namun pergi pada Januari 2021 dengan alasan pandemi COVID-19.

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close