Otomotif

Cara Merawat V-belt Motor Skutik Agar Tetap Awet

BIMATA.ID, Jakarta- Kemudahan pengoperasian skuter matik (skutik) membuat sepeda motor jenis ini banyak diminati oleh masyarakat. Nah, di balik kemudahannya juga perlu diketahui perawatan dari tipe motor terlaris ini, salah satunya dengan mengenal kinerja van belt (v-belt).

Komponen ini memiliki peran yang esensial pada skutik karena berfungsi menghubungkan mesin dan roda.

Penggunaan v-belt sebenarnya telah memiliki patokan umur optimal pemakaian. Namun penggunaan setiap pengendara berbeda-beda.

Lantas bagaimana cara agar v-belt skutik tetap awet?

Berikut tips merawatnya dari Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM):

Rutin cek v-belt

  • Untuk sepeda motor skutik Honda, v-belt harus dicek berkala pada penggunaan 8.000 Km. Secara teori, umur pakai komponen ini mampu menyentuh 24.000 km dan setelah itu harus dilakukan penggantian.
  • Namun hal ini bergantung gaya berkendara dari setiap pengendara. Kondisi ruang CVT yang kotor juga dapat memperpendek usia dari v-belt.

Hati-hati bila menggunakan aksesoris balap

  • Meskipun aksesoris balap bisa membuat tampilan skutik semakin stylish, namun komponen yang tidak standar bisa berisiko merusak komponen lain.
  • Untuk keamanan dan kenyamanan dalam berkendara, sebaiknya lebih hati-hati dalam memilih aksesoris untuk sepeda motor. Sehingga secara kualitas pun tetap terjaga.

Penggunaan skutik secara normal

  • Saat posisi skutik sedang langsam atau idle, sebaiknya pengendara tidak memainkan tuas gas. Ketika memainkan tuas gas maka v-belt akan mengencang dan menggerakkan roda belakang.
  • Oleh karena itu, penggunaan fitur Idling Stop System (ISS) sangat disarankan dalam kondisi ini, sebab selain ramah lingkungan juga mampu memperpanjang umur v-belt skutik.

Endro Sutarno mengatakan v-belt merupakan komponen yang sangat penting bagi skutik sebagai penggerak roda. Kinerja mesin yang optimal tidak akan terasa bagi pengendara apabila v-belt berada dalam kondisi yang tidak prima.

“Pengecekan secara berkala di bengkel resmi sesuai dengan buku panduan servis sangat kami sarankan agar kondisi v-belt tetap prima dan ditangani oleh teknisi yang tepat,” sarannya.

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close