BeritaEkbisEnergiInternasionalLifestyleNasionalOtomotifRegionalSains & TekTips & Trick

Cara Gunakan WhatsApp di 4 Perangkat Sekaligus

BIMATA.ID, Jakarta – WhatsApp akhirnya sedikit terbuka dengan fitur multi-device atau multi-perangkat yang sedang ditunggu-tunggu oleh para penggunanya. Mulai Kamis (15/7), sejumlah pengguna WhatsApp sudah bisa menggunakan fitur ini, sehingga satu akun dapat dibuka di empat perangkat sekaligus.

Menariknya, antar-perangkat masih dapat terhubung jika handphone (HP) yang terdapat akun WhatsApp utama dalam keadaan offline atau tidak terkoneksi internet. Hal ini sangat berbeda dengan kondisi sinkronisasi sebelumnya yang menuntut HP utama harus terhubung internet.

“Sangat bersemangat untuk meluncurkan versi Beta dari kemampuan multi-perangkat baru kami untuk WhatsApp. Sekarang kamu dapat menggunakan pengalaman desktop atau web kami bahkan ketika ponsel tidak aktif dan terhubung ke internet. Semua diamankan dengan end-to-end encryption,” kata Head of WhatsApp, Will Cathcart dalam tweet-nya.

Lebih lanjut Cathcart mengatakan, perusahaan telah memecahkan masalah agar fitur multi-perangkat tetap aman. WhatsApp telah mengembangkan teknologi baru yang mempertahankan end-to-end encryption sekaligus menjaga data pengguna tetap sinkron, seperti riwayat pesan, nama kontak, pesan arsip, dan banyak lagi.

Cathcart menambahkan fitur multi-perangkat sudah disebar untuk pengguna WhatsApp Beta secara terbatas. kumparan berkesempatan menjajal langsung fitur ini. Aplikasi yang digunakan WhatsApp Beta untuk Android versi 2.21.15.3.

Setelah mencoba, satu yang perlu dicatat adalah fitur multi-perangkat masih terbatas untuk menghubungkan perangkat HP ke laptop maupun komputer. Jadi, saat ini belum tersedia untuk menambahkan perangkat HP lainnya, seperti yang bisa dilakukan oleh Telegram.

Cara Pakai WhatsApp di 4 Perangkat Sekaligus Meski HP Tak Terkoneksi Internet

Satu akun WhatsApp kini bisa terhubung dengan empat perangkat sekaligus. Menariknya, akun tetap terkoneksi meski HP dalam keadaan offline.

  1. Buka aplikasi WhatsApp

Setelah kamu memastikan masuk ke dalam progam Beta untuk aplikasi WhatsApp dan telah update ke versi 2.21.15.3 buat perangkat Android sudah bisa menggunakan fitur multi-perangkat.

  1. Hubungkan ke perangkat lain

Tekan menu “More” dengan ikon titik tiga di pojok kanan atas layar. Lalu pilih “Linked device”.

  1. Gabung ke program beta WhatsApp

Selanjutnya pilih “Multi-device beta,” lalu tekan “JOIN BETA”. Saat bergabung semua perangkat yang suda terkoneksi dengan akun WhatsApp kamu akan otomatis log out.

  1. Scan QR code

Jika sudah bergabung, tekan “LINK A DEVICE” dan lakukan scan QR code ke laptop/PC. Scan bisa dilakukan untuk WhatsApp Web maupun WhatsApp Dekstop. Kamu bisa scan di tiga perangkat yang berbeda dan akan bekerja secara bersamaan, walaupun HP yang terdapat akun WhatsApp utama tidak terkoneksi internet.

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close