BeritaBisnisEdukasiEkbisEkonomiGayaInovasiInternasionalKomunitasLifestyleRehatSains & TekTips & Trick

Cara Buat Instagram Reels Durasi 60 Detik

BIMATA.ID, Jakarta – Instagram melakukan peningkatan fitur Reels untuk bisa bersaing dengan TikTok. Pengguna Instagram Reels kini bisa membuat konten berdurasi hingga 60 detik atau 1 menit.

Penambahan batas waktu ini dua kali lipat dari sebelumnya yang hanya 30 detik. Instagram awalnya memulai debutnya Reels dengan batas waktu singkat 15 detik, kemudian dengan cepat menggandakannya hanya sebulan kemudian.

Reels sekarang sudah hampir satu tahun dan sudah resmi bisa digunakan di Indonesia, maka sepertinya sudah waktunya untuk upgrade. Pesaingnya TikTok juga sudah selangkah lebih maju dengan meningkatkan durasi waktu konten hingga 3 menit.

Kebijaksanaan ini mungkin, selain ingin bersaing ketat dengan TikTok, Instagram juga bisa memberi sedikit lebih banyak ruang kepada konten kreator untuk menghasilkan karya. Nah, untuk itu ini ada cara untuk membuat konten Instagram Reels durasi 60 detik dan bisa menarik perhatian orang.

Begini cara bikin Instagram Reels durasi 60 detik yang bisa memikat follower.

  1. Buka aplikasi Instagram

Pastikan kamu sudah update aplikasi Instagram yang versi terbaru. Jika sudah buka aplikasi dan lihat bilah navigasi di bagian bawah layar. Sekarang, klik ikon Reels di tengah.

  1. Bikin konten Reels durasi 60 menit

Pilih ikon kamera di pojok kanan atas layar. Lalu perhatikan pengaturan durasi, pastikan sudah berada di angka 60.

  1. Sesuaikan kecepatan perekaman video instagram Reels

Ada salah satu fitur yang menarik, yaitu kamu bisa mengatur kecepatan perekaman video dalam gerak lambat maupun cepat. Untuk melakukannya, gunakan ikon 1x, 2x,3x, 4x hingga .3x dan .5x.

  1. Tambahkan filter ke Instagram Reels

Sebelum memulai perekaman konten, kamu dapat memilih berbagai efek atau filter menarik untuk membuat klip terlihat lebih estetik dan bisa sesuai konsep yang kamu inginkan. Caranya tekan ikon pada bagian kiri seperti gambar bintang tiga. Lalu pilih filter yang diinginkan.

  1. Atur timer video instagram Reels

Instagram Reels juga memungkinkan kamu mengatur penghitung waktu untuk konsep konten tertentu. Untuk mengatur timer, ketuk ikon timer di sebelah kiri dan kemudian atur durasi untuk klip (0,1 hingga 15 detik). Setelah selesai, ketuk pada Set Timer. Saat kamu memulai merekam klip, penghitung waktu akan muncul di layar.

  1. Tambahkan musik agar lebih menarik

Agar video terlihat menarik, kamu dapat menambahkan musik sesuai keinginan. Untuk melakukannya, ketuk ikon musik di sebelah kiri. Kemudian, cari musik atau lagu yang ingin dimasukan. Kamu dapat melihat lirik yang akan tampil di layar dan bisa memilih bagian mana dari lagunya.

  1. Rekam video Instagram Reels

Ketika kamu sudah siap, tekan ikon lingkaran putih besar untuk mulai merekam klip. Setelah selesai, ketuk tombol yang sama untuk menghentikan rekaman. Kamu bisa percantik instagram Reels dengan menambahkan teks, Emoji, dan Stiker keren, agar lebih menarik perhatian.

  1. Post dan simpan video Instagram Reels

Setelah selesai pengeditan bisa langsung post atau simpan instagram Reels. Jika kamu ingin menyimpan Instagram Reels di perangkat, ketuk panah maju di bagian bawah. Kemudian, ketuk tombol “Simpan” di bagian atas untuk menyimpan.

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close