BeritaHeadlineOlahragaPolitik

Bamsoet Nilai PON XX Papua Dapat Memajukan Industri Pariwisata

BIMATA.ID, Jakarta – Provinisi Papua dinilai sudah siap menyambut atlet-atlet yang akan bertarung dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021. Keindahan alam dan budaya yang menyatu dalam sportivitas olahraga akan tersaji dalam ajang tersebut.

“PON kali ini terasa spesial karena Papua memiliki destinasi alam dan budaya yang indah. Maka nanti pertandingan antarcabor olahraga akan terasa menarik,” kata Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia (RI), Bambang Soesatyo (Bamsoet), dalam keterangan tertulis, Rabu (14/07/2021).

Bamsoet menyebutkan, Papua memiliki destinasi wisata alam dan budaya yang indah. Keindahan alam itu bahkan dijadikan promosi tematik PON XX. Misalnya, Lembah Baliem di pegunungan Jayawijaya, Papua. Visual objek wisata ini dipadukan dengan olahraga sepak bola, sehingga euforia PON XX makin terlihat.

Kemudian, Jembatan Youtefa yang muncul bersama cabang olahraga Aerosport, yaitu Gantole, dalam promo tematik PON XX. Ada pula Stadion Lukas Enembe yang merupakan venue utama PON XX menjadi bagian dari promo tematik.

“PON ke-20 ini tidak hanya bertujuan untuk melahirkan atlet berkelas dunia, namun juga memajukan industri pariwisata berbasis alam dan budaya,” pungkasnya.

PON XX akan diselenggarakan pada 2-15 Oktober 2021. Ada empat klaster yang akan menjadi lokasi pertandingan cabang olahraga, yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Legislator daerah pemilihan (Dapil) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) VII ini menyampaikan, perhelatan PON XX Papua 2021 sangat berbeda dengan sebelumnya. Sebab, pesta olahraga tingkat nasional tahun ini akan berlangsung di tengah pandemi Covid-19.

“Harapannya, PON XX Papua 2021 menjadi momentum untuk bangkit dan pulih bersama dari pandemi Covid-19,” ujar politikus Partai Golongan Karya (Golkar) ini.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close