Berita

Waspada Covid-19, Klaster Baru Bermunculan di Kota Malang

BIMATA.ID, Malang — Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, dr Husnul Muarif menyatakan telah terjadi klaster baru Covid-19 di dua lokasi yang berbeda dengan identifikasi permasalahan yang sama, yakni diduga setelah melakukan takziah.

Dari dugaan awal, klaster tersebut muncul setelah warga sekitar melakukan takziah ke kediaman D yang meninggal pada Kamis (03/06) lalu akan tetapi dari kronologi yang diterima, kata Husnul, dari sekian warga yang menghadiri takziah, ada warga yang merasa tidak enak badan dan saat dilakukan tracing dan diperiksa swab antigen, ternyata warga tersebut positif Covid-19.

“Dari situlah di tracing sama teman-teman puskesmas. Siapa yang terlibat atau yang menghadiri takziah itu. Setelah itu didapatkanlah 29 orang yang kontak erat,” ujar Husnul, Selasa (22/06/2021).

Setelah itu, dari 29 orang tersebut dilakukan tes swab antigen dengan hasil, 8 orang positif Covid-19 dan sisanya negatif Covid-19.

“Sehingga 8 ini digeser ke RS Lapangan Idjen Boulevard,” imbuhnya.

Setelah itu, kata Husnul, nantinya bakal dilakukan tracing lanjutan terkait siapa saja yang belum kedapatan saat dilakukan tracing.

“Nanti ada yang namanya tracing lanjutan. Teman-teman puskesmas biar bergerak dulu untuk menentukan sasaran tracing. Kalau sudah ketemu nanti akan dilakukan lanjutan untuk swab antigen secara keseluruhan,” ungkapnya.

[oz]
Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close