BisnisEkonomiPertanian

Stok Beras Bulog Aman, Awal Juni Capai 1,4 Juta Ton

BIMATA.ID, Jakarta – Perusahaan Umum Bulog menyatakan, stok beras hingga awal Juni 2021 aman, mencapai 1,4 juta ton. Stok tersebut sesuai dalam batas aman yang ditetapkan pemerintah agar Bulog menjaga pasokan pada kisaran 1 juta -1,5 juta ton.

Sekretaris Perusahaan Bulog, Awaluddin Iqbal, mengatakan Bulog sebagai operator atau pelaksana penugasan pemerintah berfokus pada penjagaan stok beras. Sementara stok yang masih terjaga, kegiatan penyerapan gabah maupun beras pun terus dilakukan.

“Realisasi penyerapan atau pengadaan 709.691 ton setara beras, kita sebagai pelaksana harus menjaga stok,” kata Awaluddin Iqbal, Senin (7/6).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memastikan pemerintah tidak akan mengimpor beras hingga Juni 2021. Pernyataan tersebut disampaikan usai terjadi polemik pada Maret lalu mengenai rencana pemerintah untuk mengimpor beras sebanyak 1 juta ton.

Awaluddin Iqbal mengatakan, hingga saat ini belum ada instruksi lebih lanjut dari pemerintah mengenai kemungkinan impor beras. Sebab, hal itu tentu harus dibahas melalui mekanisme rapat koordinasi terbatas di level Kemenko Perekonomian.

Namun, kata Awaluddin Iqbal, Bulog tidak memiliki wewenang soal penentuan kebijakan perberasan karena hanya bertindak sebagai pelaksana kebijakan.

“Kita tidak dalam posisi untuk kebijakan (menentukan impor) karena kita hanya sebagai pelaksana. Tugas kita melakukan penyediaan komoditas pangan terutama dari pengadaan dalam negeri,” kata Awaluddin Iqbal.

Adapun situasi penyerapan gabah atau beras untuk stok cadangan beras pemerintah (CBP), ia menjelaskan, Bulog pada intinya mengacu pada situasi harga gabah di petani.

Di saat harga jauh melebihi acuan harga pembelian pemerintah (HPP), tentunya Bulog tidak bisa menyerap gabah. Penyerapan dapat dilakukan ketika situasi harga sesuai dengan HPP dan kebutuhan Bulog.

“Sepanjang harga di atas HPP kita tidak bisa melakukan pembelian untuk CBP,” ujarnya.

Namun, pembelian bisa dilakukan untuk kepentingan beras komersial yang dapat diperdagangkan secara bebas oleh Bulog. Penyerapan atau pembelian untuk kebutuhan beras komersial bisa dilakukan kapan saja kendati harga gabah tengah naik.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close