NasionalPolitik

Sowan ke Prabowo, Ridwan Kamil ‘Butuh’ Gerindra Tangani Jabar

BIMATA.ID, Jakarta — Pengamat dan pemerhati pemerintahan daerah, Jajat Nurjaman merespon  pertemuan antara Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto memunculkan berbagai spekulasi di masyarakat. 

Menurutnya, sejarah kepemimpinan Ridwan Kamil tidak lepas dari tangan dingin Prabowo yang sukses mengorbitkannya  menjadi Walikota Bandung saat itu, meskipun dalam pemilihan gubernur (Pilgub) Jabar Ridwan Kamil sendiri malah memutuskan menerima pinangan Nasdem dan menjadi rival calon yang diusung Gerindra.

“Secara politis apa yang dilakukan Ridwan Kamil ini tentu merupakan hal yang wajar, mengingat kepemimpinannya di Jabar juga membutuhkan dukungan politik dari DPRD Jabar untuk mewujudkan berbagai programnya, apalagi di Jabar ini Gerindra adalah peraih kursi DPRD Provinsi Jabar terbanyak, meskipun dalam hal ini tentu ada catatan tersendiri mengingat sebelumnya Ridwan Kamil dan Gerindra telah berbeda haluan politik”, tutur Jajat.

Jajat menilai, terkait opini yang berkembang tentang politik pilpres 2024, Jajat menilai kira situasi politiknya saat ini masih sangat dinamis, jadi bukan tidak mungkin kedepan akan bermunculan kejutan. 

Namun catatan pentingnya saat ini, pertemuan Prabowo dengan Ridwan Kamil tersebut sebagaimana diberitakan berbagai media kapasitasnya tentang kepentingan Jabar, atau bisa jadi situasi ini berdampak pada kegagalan Ridwan Kamil dalam memimpin Jabar sehingga membutuhkan dukungan politik yang lebih.

“Kepentingan politik kepala daerah tidak hanya sebatas tentang rekomendasi untuk mencalonkan dalam pilkada, namun membangun sinergi politik dengan partai politik setelah menjabat sangatlah penting agar berbagai program yang sudah dicanangkan bisa berjalan lancar,” paparnya.

Untuk itu disinilah pentingnya menjaga hubungan politik yang baik, meskipun apa yang dilakukan Ridwan Kamil ini bisa dikatakan telat, namun di tengah situasi pandemi seperti sekarang ini yang dibutuhkan adalah sinergi dari semua pihak sehingga kegagalan mengatasi penyebaran pandemi covid 19 khususnya di Jawa Barat bisa segera ditekan.

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close