Berita

Satgas Covid-19 Ungkap Alasan Pemerintah Stop Pembiayaan Isolasi Mandiri di Hotel

BIMATA.ID, Jakarta — Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengungkapkan alasan pemerintah menghentikan pembiayaan isolasi mandiri baik di hotel maupun fasilitas penginapan lainnya yang dilakukan secara bertahap.

Hal itu sudah diputuskan melalui kesepakatan dengan kementerian/lembaga terkait dan juga pemerintah daerah.

“(Sudah) melalui kesepakatan kementerian/lembaga terkait dan jajaran pemerintah daerah. Pembiayaan isolasi mandiri yang awalnya tersentral oleh pemerintah pusat, akan secara bertahap dilakukan terdesentralisasi kepada pemerintah daerah,” katanya, Kamis (10/06/2021).

Dia mengungkapkan pertimbangan penghentian pembiayaan ini karena penanganan covid-19 berbeda di masing-masing daerah.

“Hal ini menimbang upaya penanganan covid-19 terbaik sesuai dengan tantangan yang khas dari setiap daerah. Dan diharapkan dapat diselesaikan secara lebih efektif, pempus akan siap membantu pelaksanaannya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Wiku mengatakan pemerintah pusat siap membantu jika pemerintah daerah mengalami kendala terkait pengadaan isolasi mandiri.

“Sehingga dimohon bagi pemerintah daerah yang mengalami kendala khususnya pengadaan fasilitas isolasi maupun karantina mandiri itu bisa memanfaatkan forum komunikasi dengan pemerintah pusat untuk dapat dicari jalan keluarnya secara bersama-sama,” pungkasnya.

[oz]
Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close