Peristiwa

Rambut Beruban Meski Masih Muda? Bisa Jadi Karena Stres

BIMATA.ID, Jakarta- Uban seringkali jadi satu pertanda menuanya seseorang. Tapi, banyak orang yang masih di usia muda juga memiliki uban.

Sebuah studi baru yang diterbitkan Selasa di jurnal eLife menemukan bahwa stres secara signifikan mempengaruhi ketika rambut beruban.

Kabar baiknya bersantai dapat membalikkan tren. Para peneliti dari Vagelos College of Physicians and Surgeons Universitas Columbia mencapai kesimpulan ini dengan menganalisis rambut individu dari 14 sukarelawan dibandingkan dengan buku harian stres yang masing-masing disimpan.

Metode yang mereka gunakan sebanding dengan menganalisis cincin pohon: Dengan melihat sebagian kecil dari setiap rambut manusia, yang mencerminkan sekitar satu jam pertumbuhan rambut, para ilmuwan dapat menemukan korelasi antara waktu stres dan waktu beruban di rambut.

Tidak hanya itu, mereka juga menemukan bahwa periode relaksasi berkorelasi dengan rambut beruban yang tumbuh menjadi gelap.

“Ada satu orang yang pergi berlibur, dan lima helai rambut di kepala orang itu kembali gelap selama liburan, disinkronkan dalam waktu,” kata profesor kedokteran perilaku dan penulis studi senior Martin Picard, Ph.D., dikutip dari ANTARA.

“Sama seperti cincin di batang pohon menyimpan informasi tentang dekade terakhir dalam kehidupan pohon, rambut kita berisi informasi tentang sejarah biologis kita.”

Kemungkinan pigmentasi ulang rambut, para penulis mencatat, hanya mungkin secara selektif di antara demografi usia tertentu.

“Berdasarkan pemodelan matematika kami, kami pikir rambut perlu mencapai ambang batas sebelum berubah menjadi abu-abu,” kata Picard.

“Di usia paruh baya, ketika rambut mendekati ambang batas itu karena usia biologis dan faktor lainnya, stres akan mendorongnya melewati ambang batas dan transisi menjadi abu-abu. Tapi kami tidak berpikir bahwa mengurangi stres pada usia 70 tahun yang telah beruban selama bertahun-tahun akan menggelapkan rambut mereka, atau meningkatkan stres pada anak berusia 10 tahun akan cukup untuk membuat rambut mereka melewati ambang batas abu-abu.”

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close