Pendidikan

Raih Peringkat Pertama, UIN Sunan Kalijaga Paling Diminati Secara Nasional

BIMATA.ID, Yogyakarta – Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta menempati peringkat pertama sebagai kampus dengan peminat terbanyak secara nasional dalam seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) tahun 2021.

Posisi ini lebih baik dari tahun kemarin, di mana UIN Sunan Kalijaga hanya meraih peringkat ketiga peminat terbanyak. Dari total 100.038 peserta UM-PTKIN secara nasional, 13.431 peserta mendaftar di UIN Sunan Kalijaga.

“Sangat terkesan dan bersyukur serta berterimakasih kepada semua pihak, bahwa ini menandakan UIN Sunan Kalijaga terbuka bagi semua etnis, budaya, tradisi dan mazhab. Sesuai dengan jargon bahwa ‘UIN Yogya siap menopang bangsa, siap mendunia’,” kata Rektor UIN Sunan Kalijaga Profesor Al Makin, Rabu (16/6/2021).

UIN Sunan Kalijaga juga menempati posisi pertama dalam 10 besar PTKIN  dengan Nilai Rerata Diterima Tertinggi (Keagamaan), yakni Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir dengan nilai 686.7893.

“UIN Sunan Kalijaga juga 10 besar PTKIN  dengan Nilai Rerata Diterima Tertinggi (Bahasa Arab) dengan nilai 663.1773,” kata Al Makin.

Al Makin menjelaskan, keunggulan yang dihadirkan UIN Sunan Kalijaga yakni menjadikan kampus moderasi beragama menjadi salah satu daya tarik bagi calon mahasiswa. Suasana kampus yang berada di kota pendidikan, juga menjadi rujukan untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Selain itu, Wakil Rektor Bidang Akademik Profesor Iswandi Syahputra menambahkan, program studi di UIN Sunan Kalijaga mayoritas terakreditasi A. Selain itu, jurnal UIN Sunan Kalijaga juga rata-rata sudah terindeks dalam scopus dan sinta serta sedang mempersiapkan akreditasi internasional.

“Banyaknya peminat yang memilih untuk kuliah di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta disebabkan antara lain karena UIN Sunan Kalijaga terus berbenah di dalam meningkatkan mutu kualitas perkuliahan secara daring dan sedang mendesain perkuliahan secara hybrid, serta prestasi-prestasi yang terus diraih meski dunia masih dilanda pandemi,” kata Iswandi.

Di tahun ini, prestasi membanggakan yang patut disyukuri dan meningkatkan market value antara lain diraihnya predikat unggul pertama di PTKIN se-Indonesia pada Prodi Sastra Inggris, sertifikat Internasional AUN-QA untuk Prodi Ilmu Kesejahteraan Sosial dan Sosiologi, melengkapi 8 daftar lainnya, serta jurnal Al Jami’ah yang meraih Quartile 1 Versi Scimago Journal Rank, dan banyak lagi lainnya.

Meskipun jalur UM-PTKIN telah resmi ditutup, namun UIN Sunan Kalijaga masih membuka kesempatan bagi calon mahasiswa yang belum lolos untuk mendaftar di jaur mandiri CBT 2 dan Portofolio.

Aulia Faqih, Ketua Admisi UIN Sunan Kalijaga mengatakan jalur mandiri CBT 2 dengan tes dan Portofolio masih dibuka bagi mereka yang ingin berkuliah di UIN Sunan Kalijaha. Calon peserta cukup menggunakan nilai SBMPTN dan SPANPTKIN.

“Jadi masih ada kesempatan, manfaatkan sebaik-baiknya. Untuk informasi PMB UIN Sunan Kalijaga dapat diakses pada laman https://admisi.uin-suka.ac.id, Whatsapp 0817-2302-020 dan instagram @uinsk,” kata Aulia.

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close