Berita

Pemkab Bogor Minta Rumah Sakit Tambah 30 Persen Ruang Isolasi

BIMATA.ID, Bogor — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan meminta rumah sakit (RS) menambah tempat tidur untuk isolasi pasien Covid-19 sebanyak 30 persen penambahan tempat tidur ini untuk mengantisipasi kenaikan kasus positif Covid-19.

Berdasarkan hasil rapat koordinasi yang disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, ada kenaikan kasus aktif Covid-19 di Jawa Barat yang berada di angka 8,34 persen per 20 Juni 2021 angka tersebut terjadi karena adanya kenaikan kasus positif sebesar 1,59 persen dari minggu sebelumnya.

Sejauh ini, ada tiga kota/kabupaten di Jawa Barat dengan tingkat kasus positif tertinggi, yakni Kabupaten Garut sebesar 24,02 persen, Kabupaten Kuningan 16,64 persen, dan Kabupaten Bandung sebesar 13,03 persen.

“Memang semua trennya naik, termasuk Bed Occupancy Rate (BOR) atau tingkat keterisian tempat tidur yang sudah mencapai angka 70-80 persen. Ada tiga kabupaten/kota yang jumlah kasus positifnya tertinggi, alhamdulilah Kabupaten Bogor masih berada di posisi sedang,” ujar Iwan, Rabu (23/06/2021).

Meski Kabupaten Bogor masih masuk kategori sedang untuk kasus Covid-19, ia meminta semua pihak tidak terlena.

Iwan juga meminta seluruh rumah sakit di Kabupaten Bogor melakukan penambahan kapasitas ruang isolasi dan ICU untuk pasien Covid-19 sesuai standar minimal 30 persen dari jumlah seluruh tempat tidur.

Menurutnya, penambahan kapasitas tempat tidur di rumah sakit telah tertuang dalam Inmendagri 13 dan Kepgub Jabar nomor 306. Selain itu, Bupati Bogor Ade Yasin juga sudah mengeluarkan surat edaran agar penambahan ketersediaan tempat tidur isolasi pasien Covid-19 benar-benar dilaksanakan seluruh rumah sakit.

“Kita akan lihat apakah seluruh RS di Kabupaten Bogor sudah menindaklanjuti Surat Edaran Bupati Bogor tersebut. Kemudian juga kita cek bagaimana akselerasi percepatan vaksinasi, akan kita genjot bersama Dinas Kesehatan untuk vaksinasi massal di Pakansari atas rekomendasi Presiden Joko Widodo,” tandasnya.

[oz]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close