BeritaEkonomiEnergiNasional

Pemerintah Targetkan Produksi 2 Juta Unit Mobil Listrik di 2030

BIMATA.ID. Jakarta- Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan, pemerintah menargetkan ada sebanyak 2 juta unit mobil listrik yang diproduksi hingga tahun 2030. Tak hanya itu, untuk motor listrik ditargetkan bisa mencapai 16 juta unit.

Dia menuturkan, pemerintah ingin mengurangi penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan beralih ke energi yang lebih efisien seperti listrik. Apalagi saat ini, pemerintah sudah mulai mengembangkan pembangunan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Dia menyebutkan hingga tahun 2030 pemerintah juga menargetkan akan membangun SPKLU sebanyak 25.000 unit. Sementara saat ini baru ada 190 unit SPKLU yang tersebar di wilayah Jakarta.

“Jadi sekarang kalau ada kendaraan yang mau diisi batrenya sudah bisa. Sudah ada tersebar di 190 titik di Jakarta, salah satunya di Kementerian ESDM. Itu bisa dipakai,” kata dia.

Walau demikian lanjut dia untuk penggunaan bahan bakar cair masih tetap akan digunakan dan hanya akan mengalami pengurangan saja

.”BBM cair masih tetap digunakan tapi ke depan akan terjadi pengurangan karena akan beralih ke penggunaan listrik,”ucap dia.

(Bagus)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close