EkonomiBeritaNasional

Pemerintah Pastikan Tidak Secuilpun Dana Jamaah Haji untuk Infrastruktur

BIMATA.ID, Jakarta- Pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menjelaskan soal desas-desus alokasi dana haji yang beredar di masyarakat.

Muhadjir memastikan dana haji milik jamaah Indonesia masih tersimpan dengan aman. Dia mengatakan tak ada secuilpun uang jamaah yang digunakan untuk investasi ke sektor infrastruktur.

Dana haji itu disimpan dan dikelola oleh lembaga yang independen profesional, yaitu Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

“Tidak ada satupun atau tidak ada secuil dana pun yang diinvestasikan di sektor yang langsung termasuk infrastruktur, jadi memang belum ada langkah untuk membuat direct investment,” kata Muhadjir, Minggu (06/06/2021).

Dia menambahkan, investasi dana haji tersebut pun masih berbentuk surat-surat berharga yang disimpan di bank syariah dengan standar tabungan haji dikelola secara syariah.

Namun Muhadjir tak menyebutkan nama bank yang dipercaya untuk menyimpan investasi dana haji tersebut.

“Semua (investasi) masih berupa surat- surat berharga investasinya dan juga disimpan di bank syariah sesuai dengan standar tabungan haji yang harus dikelola dengan syariah dan mereka yang sudah menyimpan dana haji itu juga mendapatkan dan kemanfaatan,” ujarnya.

 

(Bagus)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close