UmumBeritaEdukasiEkonomiPolitik

Novita Apresiasi Upaya Pemerintah Tanggulangi Lonjakan Sampah di Perkotaan

BIMATA.ID, Jakarta- Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya menanggulangi lonjakan sampah terutama di kawasan perkotaan. Tantangan ini pun dijawab dengan mendukung penyediaan sarana dan prasarana untuk meningkatkan layanan pengelolaan sampah di Indonesia.

Melihat kejadian ini, Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Partai Gerindra, Novita Wijayanti memberikan apresiasi kepada pemerintah yang terus berupaya dalam menanggulangi lonjakan sampah yang terjadi di perkotaan.

“Saya ucapkan apresiasi yang luar biasa terhadap tindakan pemerintah yang terus berusaha menangani masalah lonjakan sampah yang akhir-akhir ini mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya.”ujar Novita.

Disamping itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, dalam menanggulangi sampah, pihaknya membuat program pembangunan Tempat Pengolahan Sampah (TPS) yang menggunakan sistem reduce, reuse, recycle atau dikenal TPS-3R.

Pembangunan dan pengelolaan TPS-3R yang dilakukan melalui Program Padat Karya Tunai dengan melibatkan masyarakat diharapkan tidak hanya mengurangi kuantitas sampah dari sumbernya, tetapi juga memberikan pembelajaran kepada masyarakat dalam pengelolaan sampah serta penyerapan tenaga kerja dan mempertahankan daya beli masyarakat di tengah ketidakpastian kondisi ekonomi akibat Pandemi Covid-19.

“Adanya Program TPS-3R, masyarakat diajak untuk mengubah perilakunya agar membuang sampah pada tempatnya dan melakukan pengelolaan 3R terhadap sampah yang mereka hasilkan,” kata Menteri Basuki, dalam keterangannya, Jumat (05/06/2021).

Dalam masa Pandemi Covid-19, program ini diharapkan dapat mengurangi angka pengangguran di kawasan perkotaan.

 

(Bagus/Usman)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close